Ekonomi dan Bisnis

Bank Kalsel Integrasikan BPR Swasta dan BPR Pemda Melalui Apex BPR

Melalui workshop Apex BPR Kalsel, Bank Kalsel tingkatkan sinergi BPR Swasta yang tergabung di Apex BPR Kalsel

Bank Kalsel Integrasikan BPR Swasta dan BPR Pemda Melalui Apex BPR
Istimewa
Pelayanan di Kantor Bank Kalsel Syariah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bank Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan () turut aktif peran serta tumbuh kembangkan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kalsel.

Melalui workshop Apex BPR Kalsel, Bank Kalsel tingkatkan sinergi BPR Swasta yang tergabung di Apex BPR Kalsel dengan para BPR-BPR milik daerah.

Pada kegiatan workshop yang banyak diisi sharing pengetahuan dan membahas isu ekonomi terkini daerah ini, hadir para perwakilan dari seluruh Apex BPR Kalsel termasuk 22 BPR milik Pemerintah Daerah dan 4 BPR Swasta.

Dijelaskan Plt Direktur Utama Bank Kalsel, Gusti Agus Permana, keunggulan BPR Swasta diharapkan dapat ditularkan dan diimplementasikan oleh BPR-BPR lainnya khususnya BPR milik Pemerintah Daerah di Kalsel.

"Dengan bergabungnya BPR swasta juga diharapkan dapat menularkan sistem pengelolaan operasional bank yang lebih baik bagi seluruh BPR Daerah, karena seperti kita ketahui beberapa BPR swasta sudah sangat maju," kata Agus.

Bagi Bank Kalsel, dukungan terhadap Apex BPR merupakan satu diantara misi Bank Kalsel untuk turut membina Lembaga Perkreditan atau Bank Perkreditan Rakyat milik Pemerintah Daerah.

Keberadaan Apex BPR di Kalsel bagi Bank Kalsel selain untuk menjalankan misi bank, juga merupakan media pendorong untuk menjalankan fungsi intermediasi layanan perbankan yang luas dan belum bisa maksimal dipenuhi Bank Kalsel.

Selain itu, Agus juga memandang Apex BPR sebagai langkah strategik bisnis, karena juga dapat memberikan dampak kemajuan bagi Bank Kalsel pada akhirnya.

Karena itu, Bank Kalsel rutin memberikan pembinaan dan bantuan teknis, termasuk memonitor dan mengevaluasi perkembangan BPR dan mendukung pendirian dan pengembangan BPR, khususnya milik Pemerintah Daerah.

Selain itu, Bank Kalsel juga menjalankan fungsi kerjasama pembiayaan channeling dengan seluruh BPR yang sudah membuka hubungan kerjasama dengan Bank Kalsel dan memberikan konsultasi serta supervisi pengembangan BPR.

"Melalui workshop seperti ini, kami dapat saling berbagi, berdiskusi dan saling sumbang saran agar industri perbankan di Kalsel dapat tumbuh menjadi industri keuangan yang sehat dan kokoh," kata Agus.

Dengan demikian, Bank Kalsel bersama-sama dengan BPR dapat berkontribusi meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat di Provinsi Kalsel melalui UMKM. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved