Ekonomi dan Bisnis

Kedepan, Perusahaan Berskala Kecil Juga Bisa Go Public

Kedepan, tak hanya semakin terbuka dan inklusif kepada para investor, namun Bursa Efek Indonesia (BEI) juga semakin terbuka

Kedepan, Perusahaan Berskala Kecil Juga Bisa Go Public
banjarmasinpost.co.id/acm
Workshop Go Public 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kedepan, tak hanya semakin terbuka dan inklusif kepada para investor, namun Bursa Efek Indonesia (BEI) juga semakin terbuka bagi perusahaan-perusahaan berskala kecil untuk menjadi emiten.

Hal ini dilakukan dengan digodoknya mekanisme dan prosedur bagi perusahaan-perusahaan berskala kecil untuk bisa go public.

Dijelaskan Manager Potential Issuer Development Strategy BEI, Yogi Briliana, hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi perusahaan-perusahaan kecil dan menengah untuk bisa manfaatkan pasar modal untuk berkembang.

Baca: Kini Pembuatan Kartu Kuning untuk Pencari Kerja Bisa Lewat Online, Simak Caranya di Sini

"Regulasi sudah diterbitkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kami di BEI masih menggodok mekanismenya," kata Yogi.

Menurut Yogi, jika nantinya diterbitkan, para emiten berskala kecil ini akan berada di kategori bursa tersendiri yaitu papan usaha kecil dan menengah (UKM).

Papan UKM akan melengkapi kategori pasar di Bursa Efek setelah sebelumnya juga sudah memiliki kategori papan pengembangan.

Baca: Heboh Pemukulan Sopir Taksi Online di Bandara Syamsudin Noor Disebut Hoax, Ini Fakta Sebenarnya

Regulasi terkait hal teraebut sudah tertuang da Peraturan OJK (POJK) Nomor 53 Tahun 2017 tentang Pernyataan Pendaftaran dalam Rangka Penawaran Umum dan Penambahan Modal dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu oleh Emiten dengan Aset Skala Kecil atau Emiten dengan Aset Skala Menengah.

Dalam aturan ini, perusahaan yang bisa menjadi calon emiten di papan UKM dibatasi beraset tidak lebih dari Rp 50 miliar.

Baca: Miris, Fenomena Bowo Tik Tok Viral, Ada yang Rela Jual Ginjal Demi Beli Tiket Meet & Great

Kembali dijelaskan Yogi, bagi perusahan yang berminat terjun ke pasar modal sebagai emiten di kategori ini, banyak insentif yang diberikan regulator untuk permudah para calon emiten.

"Diantaranya dari beberapa persyaratan lebih ringan dan tidak serumit perizinan dan persyaratan bagi perusahaan berskala besar," kata Yogi. 

 (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved