Bumi Antaluddin

Pemkab HSS Hadir Pada Festival Banjar di Jakarta

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ikut berpartisipasi pada kegiatan festival Banjar 2018

Pemkab HSS Hadir Pada Festival Banjar di Jakarta
istimewa/Dinas Kominfo HSS
Pemkab HSS menampilkan Tarian Maharagu Banua oleh Warga Adat Suku Dayak Loksado 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ikut berpartisipasi pada kegiatan festival Banjar 2018 yang berlangsung di halaman Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat, (29/6).

Pada Festival Budaya Banjar 2018, yang dilaksanakan di Plaza Theater Jakarta, TIM, Cikini, Jakarta Pusat, Pemkab HSS membuka stand khusus dengan berbagai sajian yang mencerminkan ciri khas Kabupaten HSS.

Baik berupa kerajinan home industri produk khas HSS, produk kerajinan tradisional hingga berbagai jenis makanan dan minuman olahan dari Kabupaten HSS.

Pemkab HSS Hadir Pada Festival Banjar di Jakarta
Pemkab HSS Hadir Pada Festival Banjar di Jakarta (istimewa/Dinas Kominfo HSS)

Pada kesempatan itu, Pemkab HSS juga menampilkan seni tari tradisional HSS, serta jukung hias pada stand yang ada pada Festival Budaya Banjar 2018.

Dalam pagelaran itu, Pemkab HSS menampilkan Tarian "Maharagu Banua" oleh Warga Adat Suku Dayak Loksado, yang tampil sebagai atraksi terakhir di depan para tamu undangan.

Kegiatan ini juga menjadi magnet pada Warga Banjar yang bermukim di Jakarta dan sekitarnya, mereka berbaur dengan warga Banjar yang datang dari Banua.

Pemkab HSS juga menampilkan seni tari tradisional HSS, serta jukung hias pada stand yang ada pada Festival Budaya Banjar 2018.

Pemkab HSS juga menampilkan seni tari tradisional HSS, serta jukung hias pada stand yang

ada pada Festival Budaya Banjar 2018. (istimewa/Dinas Kominfo HSS)

Sehingga membuat suasana ramai dan meriah di Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, tempat berlangsungnya Pembukaan Festival Budaya Banjar 2018, yang dilaksanakan di Plaza Theater Jakarta, TIM, Cikini, Jakarta Pusat.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H Rudy Resnawan.

Pembukaan Festival Banjar 2018 ini diisi dengan kegiatan Expo berupa pameran produk kerajinan dan kuliner khas Banjar, dan atraksi seni budaya Banjar yang ditampilkan di depan tamu dan undangan.

Rudy Resnawan menyampaikan terimakasihnya atas partisipasi warga Banjar di Jabodetabek, yang secara rutin membantu terlaksananya acara ini, yang memang masuk dalam kalender tetap Pemerintah Provinsi Kalsel.

"Kegiatan ini seterusnya juga akan bisa disaksikan dalam setiap penyelenggara Car Free Day kota Jakarta, dengan demikian Budaya Banjar ini akan lebih dikenal masyarakat Indonesia dan mancanegara," katanya.

Pada acara ini juga dihadiri oleh para Duta Besar Negara Sahabat yang khusus diundang dalam kegitan ini.

Mereka juga sangat antusias menyaksikan adat budaya Banjar khususnya Pasar Terapung yang oleh Panitia ditampilkan langsung dengan parade Jukung yang didesain menggunakan roda.

Bahkan beberapa Duta Besar ini ada yang ikut mencoba naik dan duduk di atas jukung. Kedatangan para Duta Besar negara sahabat ini, tak lepas karena partisipasi salah seorang tokoh warga Banjar, yang kini menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri yakni AM Fachir.

Dalam sambutannya yang disampaikan dalam Bahasa Inggris, pria yang memiliki nama lengkap Abdurrahman Muhammad Fachir ini, memperkenalkan kepada para Duta Besar, bahwa Banjar memiliki ragam kekayaan dan keunikan tersendiri dalam adat dan budayanya.

Masyarakat Banjar juga dikenal dengan keramahan dan kerukunan hidup bertetangga yang terjaga. Belum lagi dengan musik tradisional, kekayaan kuliner dan panorama keindahan alamnya yang sangat banyak.

"Kalau anda berkunjung ke Kalimantan Selatan, anda akan bisa melihat keindahan alam, baik gunung dan sungainya" tambah AM Fachir.  (AOL/*).

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help