BFOCUS ECONOMIC

Image dan Omzet Ikut Melesat, Produk UMKM Berlomba Masuk Ritel Modern

Dengan eksis di toko ritel modern, brand image produk diyakini semakin menguat sehingga omzet pun bisa ikut melesat

Image dan Omzet Ikut Melesat, Produk UMKM Berlomba Masuk Ritel Modern
Banjarmasin Post Group
Display produk UMKM di Giant Ekstra, Jalan A Yani Km 6 Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bisa menjual produknya di toko ritel modern menjadi salah satu impian sebagian pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), tak terkecuali di Banua. Dengan eksis di toko ritel modern, brand image produk diyakini semakin menguat sehingga omzet pun bisa ikut melesat.

Namun ternyata tidak semua pelaku UMKM yang bisa menembus ritel modern. Di sisi lain, ritel modern tidak bisa menerima semua jenis produk UMKM dengan berbagai pertimbangan, salah satunya tidak sesuai segmen pasar.

Salah satu pelaku UMKM yang beruntung produknya bisa mejeng di toko ritel modern adalah Ryan dengan brand produk Casheila. Sudah sejak empat tahun lalu, produk dari pebisnis asal Banjarbaru ini dijual di toko Giant Banjarmasin.

Menurut Ryan, saat ini dari total 10 jenis produknya sudah ada tiga yang tembus ritel modern.
Ketiga jenis produknya yaitu Ikan Sepat Kering, Sepat Sambal dan Kerupuk Haruan yang rata-rata dikirimkan ke ritel modern masing-masing 800 hingga 1.000 bungkus per bulan.

Jumlah ini mencapai kisaran 25 persen dari total produksi tiap jenis produknya. Menurut Ryan, menjual produk di ritel modern memiliki segudang manfaat positif, antara lain semakin dikenal dan populer sehingga cukup efektif menjadi sarana promosi.

Apalagi keuntungan produk UMKM masuk ritel modern? bagaimana pula kendala yang dihadapi pengusaha UMKM? baca berita selengkapnya di Banjarmasin Post edisi Rabu (3/7/2018). (*)

Editor: Anjar Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved