Bumi Antaluddin

Dahnial Cek Kesiapan Alat Berat

Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli meninjau dan melakukan pengecekan empat alat berat jenis excavator bantuan

Dahnial Cek Kesiapan Alat Berat
istimewa/kominfo hss
Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli meninjau dan melakukan pengecekan empat alat berat jenis excavator bantuan dari Kementrian Pertanian dan satu alat berat bantuan dari Dinas Pertanian Kalimantan Selatan (Kalsel). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli meninjau dan melakukan pengecekan empat alat berat jenis excavator bantuan dari Kementrian Pertanian dan satu alat berat bantuan dari Dinas Pertanian Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pengecekan yang dilakukan pada Senin, (2/7) ini bertempat di UPTD dan Perbekalan Dinas PU Kabupaten HSS.

Peninjauan dilakukan Penjabat Bupati HSS dalam rangka menindaklanjuti hasil rapat tingkat Provinsi Kalsel beberapa waktu di Batola tentang pembukaan lahan untuk pertanian di wilayah Kalsel.

istimewa/kominfo hss

Pada kegiatan yang dilaksanakan Penjabat Bupati HSS didampingi oleh jajaran dinas pertanian HSS ini dilakukan pengecekan kesiapan alat, operator, BBM serta mobilisasi alat berat ke lokasi lahan yang akan dikerjakan nantinya.

"HSS sudah siap untuk kesiapan alat, operator, BBM dan juga untuk mobilisasi nantinya. Saya harap kepada masyarat nantinya juga berpartisipasi guna melancarkan proyek yang akan kita garap ini" kata H Dahnial Kifli.

Pemkab HSS juga akan bersinergi dengan TNI untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan pembukaan lahan ini, dalam rangka meningkatkan pendapatan dan mensejahterakan masyarakat di bidang pertanian khususnya di HSS serta Kalsel pada umumnya.

Pengecekan yang dilakukan pada Senin, (2/7) ini bertempat di UPTD dan Perbekalan Dinas PU Kabupaten HSS.

Pengecekan yang dilakukan pada Senin, (2/7) ini bertempat di UPTD dan Perbekalan Dinas PU

Kabupaten HSS. (istimewa/kominfo hss)

"Pada rapat di Batola, Pemprov Kalsel menargetkan diseluruh Kabupaten ada total lahan sekitar 5000 Hektar yang akan dibuka untuk pertanian, termasuk di Kabupaten HSS ada sekitar 625 Hektar," tambahnya.

Kepala Dinas Pertanian HSS Faturrahman mengatakan lima alat berat ini nantinya akan digunakan untuk pembukaan lahan Lebak di Kecamatan Daha Utara, Daha Barat dan Daha Selatan.

"Excavator ini nantinya akan dipergunakan untuk pembuatan tanggul guna menahan ketinggian air, sehingga sawah-sawah nantinya bisa terlindungi dari rendaman air ataupun banjir" ujarnya.

Direncanakan alat-alat berat ini akan segera dioperasikan apabila ada penurunan ketinggian air di daerah rawa lebak nantinya.

"Insyaallah dalam waktu dekat ini kita sudah akan beroperasi, sehingga nantinya masyarakat pada bulan Oktober sudah bisa melaksanakan kegiatan pertanian dilahan yang telah kita buka" lanjutnya.

Pihaknya berharap setelah pembuatan tanggul diwilayah Negara selesai, kegiatan usaha tani yang selama ini hanya dilaksanakan satu kali tanam pada musim kemarau, nantinya akan bisa dilaksanakan menjadi dua kali tanam.

Dengan adanya tanggul pada musim kemarau saat kekurangan air nantinya akan dilakukan sistem pompanisasi guna mendistribusikan air kelahan pertanian didalam tanggul.

Sebaliknya, pada musim hujan air yang didalam akan dikeluarkan sehingga kondisi air bisa dikendalikan dan proses tanam api bisa lebih baik. (AOL/*).

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved