Seputar Kalteng

Kata Pj Bupati Kapuas Saat Pelatihan Tupoksi Badan Permusyawaratan Desa

Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Agus Pramono membuka kegiatan Pelatihan Pemantapan Tugas Pokok dan Fungsi

Kata Pj Bupati Kapuas Saat Pelatihan Tupoksi Badan Permusyawaratan Desa
Tribun Kalteng/Jumadi
Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Agus Pramono membuka kegiatan Pelatihan Pemantapan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kabupaten Kapuas Tahun 2018, ditandai dengan penyematan tanda peserta. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Agus Pramono membuka kegiatan Pelatihan Pemantapan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kabupaten Kapuas Tahun 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kapuas itu dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Kapuas, Kepala SOPD Lingkup Pemkab Kapuas dan Kepala Desa se wilayah Kabupaten Kapuas beserta undangan lainnya, Rabu (4/7/2018) siang.

Maksud dan tujuan pelatihan tersebut adalah untuk memberikan informasi pengetahuan tentang pemahaman tugas dan fungsi BPD dalam pelaksanaan tugas pada desa yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan hubungan kerja yang baik antara aparat pemerintahan desa dengan BPD.

Agus Pramono mengatakan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan di desa dan berfungsi menetapkan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, BPD juga mempunyai wewenang membahas rancangan peraturan desa bersama kepala desa, melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) Indosiar Timnas U-19 Indonesia vs Filipina di Piala AFF U-19 2018

"Kemudian mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian kepala desa, membentuk panitia pemilihan kepala desa, menggali, menampung,menghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan menyusun tata tertib BPD,”ungkapnya.

Dia menekankan, tugas pokok dan fungsi BPD bersama dengan kepala desa dan perangkat desa sebagai penyelenggara pemerintahan di desa guna terwujudnya pembangunan dan pemberdayaan masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat sebagai tujuan otonomi daerah dan merupakan tindak lanjut dari Nawacita yang telah dicanangkan oleh Presiden dan Wakil Presiden RI Joko Widodo – Jusuf Kalla.

Kepala DPMD Kapuas Ibak mengatakan, output yang ingin dicapai dalam kegiatan itu yakni BPD memahami dan memiliki pengetahuan tentang kedudukan, fungsi, wewenang, hak dan kewajiban dengan baik.

BPD mampu menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan penyelenggaraan administrasi desa.

Narasumbernya yaitu dua orang pejabat dari Dinas PMD Provinsi Kaltwng, satu orang dari Setda Kabupaten Kapuas dan satu orang dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Kapuas."Pelatihan ini diikuti sebanyal 214 orang, di mana masing-masing desa mengirim satu orang yaitu Ketua BPD dan dilaksanakan,"jelas Ibak. (Banjarmasinpost.co.id/Jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Murhan
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved