Seputar Kalteng

Perkebunan Nanas Basarang Dijadikan Agrowisata dan untuk Berselfie

Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas Kalteng sudah lama dikenal sebagai penghasil buah nanas

Perkebunan Nanas Basarang Dijadikan Agrowisata dan untuk Berselfie
istimewa
Perkebunan nanas madu hasil perkebunan nanas, Jalan Trans Kalimantan km 11, Kecamatan Basarang Kapuas Kalteng. Tampak latar belakang perkebunan nanas yang dijadikan agro wisata. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas Kalteng sudah lama dikenal sebagai penghasil buah nanas atau dalam bahasa latinnya ananas comosus. Seiring berjalannya waktu kebanyakan nanas tak dijual lagi oleh petani ke tiga kota dan provinsi.

Namun konsumen lah yang datang langsung ke kebunnya di Basarang dengan menggunakan mobil pikap. Ada beberapa lokasi perkebunan nanas di Basarang. Seperti di km 4, 7, 9 dan di kilometer 11. Selama ini nanas merupakan penghasilan masyarakat Basarang dan ternyata daoat meningkatkan ekonomi mereka.

Salah satu penghasil nanas terbesar adalah perkebunan nanas milik E Bejo Sugiarto, tepatnya di Desa Basarang Jaya km 11, Jalan Trans Kalimantan, Kecamatan Basarang. Lelaki berpenampilan cukup sederhana ini, pada saat ditemui di kebunnya, Kamis (5/7/2018) sore mengatakan, dia memulai usaha perkebunan nanas madu sekitar 5 tahun yang lalu.

Karena masyarakar senang menkonsumsi nanas madu dan harganya bisa terdongkrak, maka setiap menanam bibit kami menggunakan bibit nanas madu,"ungkap E Bejo, sambil memperkenalkan luasan kebun nanasnya.

Nanas yang dijual dalam bentuk utuh dan harganya standar, maka berkat adanya pengetahuan dan bimbingan dari Kantor Disperindag Kabupaten Kapuas serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, maka ada ide bagaimana nanas dibuat dodol, keripik dan selai nanas. Al hasil ternyata cara seperti ini dapat meningkatkan kehidupan ekonomi warga sekitar.

Baca: Live Trans TV! Live Streaming Uruguay vs Prancis Piala Dunia 2018 Bisa Ditonton dengan Cara Ini

Seperti contoh, keripik nanas dan dodol nanas memiliki nama pada kemasannya yakni York's Nanas Basarang. Untuk pemasaranya sudah sampai ke Palangkaraya, Kapuas dan di beberapa minimarket serta kios. Ke depan Basarang memiliki toko oleh-oleh, seperti yang ada di Tapin dengan rimpi pisang atau pisang keripik. Dengan adanya nama produksi, maka punya trade mark dan hak paten.

Perkebunan nanas Desa Basarang Jaya akan menjadi agrowisata dan tempat selfie bagi yang suka bersenfie.

"Pemandangan di perkebunan nanas kami sangat cocok untuk berselfie dan dijadikan sebagai agrowisata dan ini sudah dilakukan survai dan dinyatakan layaknoleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata Kabupaten Kapuas. Kita sangat senang sekali dan nantinya banyak dikunjunggi oleh masyarakat di tempat ini,"tambah E Bejo Sugiarto. (Banjarmasinpost.co.id/Jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Murhan
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved