Ekonomi dan Bisnis

Produk Kerajinan Rotan Tak Ada Matinya

Kerajinan bahan rotan masih memiliki tempat di pangsa pasar Banjarmasin, konsumen selain dari lokal juga wisatawan luar Kalsel.

Produk Kerajinan Rotan Tak Ada Matinya
Banjarmasinpost.co.id/Hasby S
Karyawan Toko Aneka Karya, Tomi menunjukan kerajinan rotan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kerajinan bahan rotan masih memiliki tempat di pangsa pasar Banjarmasin, konsumen selain dari lokal juga wisatawan luar Kalsel. Harga kerajinan bahan rotan masih tidak ada kenaikan.

Beberapa hasil kerajinan berbahan rotan yang banyak dipasaran seperti tikar lampit atau tikar rotan, sajadah dan dinner set. Hampir semua jenis kerajinan berbahan rotan itu diminati konsumen.

Karyawan Toko Aneka Karya, Tomi mengatakan, untuk produk kerajinan berbahan rotan ini ada saja konsumennya, setiap hari ada yang laku. Namun jumlahnya tidaklah menentu.

Dia menjelaskan, untuk harga kerajinan berbahan rotan sudal lama tidak ada kenaikan. Seperti untuk tikar lampit harganya mulai Rp 35 ribu sampai Rp 409 ribu, tergantung ukuran.

Baca: LIVE STREAMING Persija vs PSM di Liga 1 2018 - Link Live Streaming Indosiar & Vidio.com

“Kalau dinner set harganya Rp 35 ribu, berupa seperti taplak. Tergantung konsumen menyenangi apa dan ada yang untuk membeli sebagai oleh-oleh khas Kalimantan,” katanya, Jumat (6/7).

Dia menjelaskan, bahan rotan yang diolah sebagian besar masih didatangkan dari Kalteng, kemudian barulah diolah di Banjarmasin. Untuk konsumen lokal, masih menggemari bahan-bahan rotan karena memang enak digunakan.

“Khan seperti tikar rotan kalau hari dingin sebagai alas tidaklah terasa dingin, kalau cuaca panas maka tetap enak juga,” imbuhnya.

Tomi optimistis, produk-produk kerajinan rotan tetap bertahan dari zaman ke zaman, asalkan bahan baku tentulah rotan tidaklah langka. Harga bahan baku pun janganlah terlalu tinggi sehingga harga produk rotan tidak ikut terkerek.

Baca: Live Trans TV & Trans7! Tonton Live Streaming Prancis vs Uruguay di Piala Dunia 2018 dengan Cara Ini

Penjualan di Toko Diva Jaya Jalan Pangeran Samudera juta tidak ada kenaikan harga. Berbagai hasil kerajinan rotan ada di toko tersebut.

Diantaranya ada tikar rotan, dinner set, sajadah, dudukan anak di sepeda motor dan berbagai kursi santai. Diungkapkan karyawan di toko tersebut bahwa sepengetahuannya tidak ada perubahan harga.

Warga Banjarmasin, Jihah gemar menggunakan tikar rotan, untuk ruang tengah rumahnya. Alasannya, menggunakan tikar berbahan rotan itu cocok untuk bersantai dan cara membersihkannya lebih mudah dibanding karpet.

“Khan untuk ruang tengah biasanya anak-anak berbaring menonton Tv, sembari ngemil dan minuman susu. Kalau tumpah, maka mudah saja membersihkannya,” katanya.

Dia menambahkan, sudah beberapa kali membeli tikar lampit, karena memang tidak mau beralih menggelar karpet untuk khusus ruang tengah atau ruang keluarga. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved