Berita Hulu Sungai Selatan

Target Nasional Angka Partisipasi Pemilih di HSS Belum Tercapai

Angka partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) 2018 masih belum sesuai

Target Nasional Angka Partisipasi Pemilih di HSS Belum Tercapai
Aprianto
Ketua KPU HSS, Nida Guslaili Rahmadina 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Angka partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) 2018 masih belum sesuai target dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat.

Sesuai dengan hasil rekapitulasi tingkat Kabupaten HSS, angka partisipasi pemilih di Kabupaten HSS yakni 75,46 persen.

Sementara target dari KPU Pusat 77,5 persen.

Meski tidak sesuai target dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat, namun secara target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemkab HSS sudah tercapai dan sudah melebih target.

Baca: Wah Randy Pangalila Sukses Lamar Kekasih Bulenya di Kanada, She Said Yes

Ketua KPU HSS, Nida Guslaili Rahmadina mengatakan sesuai dengan hasil rekapitulasi tingkat Kabupaten HSS, angka partisipasi masyarakat dalam Pilkada HSS 2018 yakni 75, 46 persen.

"Memang masih belum sesuai target dari KPU pusat, namun dari target berdasarkan RPJMD sudah melebihi target. Untuk target RPJM HSS yakni 71 persen," katanya, Jumat, (6/7).

Baca: Istri Raffi Ahmad, Nagita Slavina Curcol, Suami Saya Nyanyi di Tempat Lain, Karena Ayu Ting Ting?

Jika dibandingkan dengan angka partisipasi dalam Pilkada HSS 2013 dan Pilgub Kalsel 2015 sudah menunjukkan angka peningkatan partisipasi.

Pada Pilkada HSS 2013 lalu dari target 77,5 persen, hanya tercapai 66 persen.

Sedangkan dibandingkan Pilgub Kalsel 2015 lalu dari target 77,5 persen hanya tercapai 68 persen.

Baca: Syahrini Sindir Lagi Syantik Siti Badriah, Inul: Rezeki Tuhan yang Atur

"Meningkatnya partisipasi pemilih dalam Pilkada HSS karena masyarakat menempatkan dirinya menjadi bagian dari proses pengawalan demokrasi dengan menggunakan hak pilihnya," lanjutnya.

Meski belum mencapai target KPU Pusat, pihaknya optimistis pada pileg dan pilpres pada 2019 angka partisipasi pemilih di HSS akan kembali meningkat dan bisa sesuai dengan target KPU Pusat.

Baca: Jadwal Penerimaan CPNS 2018, Ini Berkas-berkas yang Harus Dipersiapkan Calon Pelamar

Meningkatnya partisipasi pemilih dalam Pilkada HSS 2018 ini juga tidak lepas dari upaya KPU HSS yang jauh-jauh hari melakukan sosialisasi mulai dari para pemilih pemula, perempuan, daerah pinggiran sampai melalui media sosial (Medsos) dengan melibatkan tokoh agama dan masyarakat.

Hingga membagikan selebaran, pengumuman, siaran keliling dilakukan agar masyarakat HSS bisa menggunakan hak pilihnya dengan datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

Tidak hanya itu, pihaknya juga ada memfasilitasi masyarakat yang kesulitan sarana transportasi seperti kelotok dan mobil menuju TPS yang disiapkan Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan PB, Kesbangpol) HSS.

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help