Berita Hulu Sungai Tengah

Belum Ada Caleg Mendaftar ke KPU HST, Ini Alasan Partai

Anggota KPU HST Abdul Hadi, yang dikonfirmasi mengatakan kemungkinan mulai tanggal 10 mendatang baru ada yang mendaftar

Belum Ada Caleg Mendaftar ke KPU HST, Ini Alasan Partai
banjarmasinpost.co.id/hanani
Kegiatan Rapat KPU HST. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pendaftaran calon anggota legislatif telah dibuka serentak sejak Rabu 4 Juli 2018 lalu, namun sampai Sabtu (7/7/2018) belum ada satupun partai yang mendaftarkan caleg-calegnya ke KPU Hulu Sungai Tengah.

Anggota KPU HST Abdul Hadi, yang dikonfirmasi mengatakan kemungkinan mulai tanggal 10 mendatang baru ada yang mendaftar

Pendaftaran sendiri dijdawalkan berakhir 17 Juli mendatang. “Kami siap melayani caleg yang mendaftar, dan petugas administrasi juga stanby di kantor KPU,”kata Abdul Hadi. Informasi yang diperoleh BPost, hingga hari ini, para calon masih sibuk melengkapi syarat administrasi. Antara lain surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

“Sejak Senin lalu, permohonan SKCK mulai ramai, oleh mereka yang ingin menjadi calon anggota legislative,”kata petugas admnistrasi di bagian Polres HST. Pendaftaran berkas para bakal caleg kini harus dilakukan secara daring. Para calon pendaftar, harus membawa hard copy berkas yang sudah diunggah secara online ke KPU.

Ketika datang mendaftar ke KPU, bakal calon harus membawa berkas yang sudah didaftarkan via online, sehingga harus dipastikan mereka mendaftar via online terlebih dahulu. Sistem pencalonan (Silon) tersebut telah disosialisasikan KPU partai-partai politik. Mengenai msih sepinya pendaftar Athailah Hasby, dari Partai Golkar menjelaskan, Partai Golkar HST telah menyusun bakal calonnya dan siap mendaftar.

“Tapi Silon KPU HST lelet. Operator partai sudah terus mencoba mengulang-ulang agar bisa masuk,”kata Athailah anggota dewan dua periode, yang Pemilu Legislatif tahun ini menjadi Caleg Golkar untuk DPRD Provinsi Kalsel. Sementara Ery Yuli WUlandari, bakal caleg dari PKS yang juga Sekretaris DPD PKS HST mengatakan semua persyaratan bakal caleg dari PKS sudah dipenuhi.

“Karena ada instruksi dari DPW PKS provinsi untuk mendaftar secara serentak tanggal 8, jadi Insya Allah besok didaftarkan serempak,”katanya. Dijelasksan, untuk bakal caleg dari PKS, komposisinya 50 persen wajah lama, 50 persen kader baru.

Sementara, Wakil Ketua DPC PPP HST, Jainudin Bahrani mengatakan, untuk pendaftaran bakal caleg dari PPP masih menyelesaikan syarat administrasi. “Kalau selesai secepatnya kami daftarkan,”kata Jainudin yang memastikan diri juga mendaftarkan diri secagai bakal caleh di daerah pemilihan Kecamatan Labuanamas Utara danPandawan.

Mengenai keluhan leletnya jaringan Silon di KPU HST, menurut anggota KPU Abdul Hadi, kemungkinan karena digunakan berbarengan seluruh Indonesia. “Petugas kami tiap hari standby di Kantor untuk memonitor,”katanya. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help