Berita Hulu Sungai Utara

Petani Ikan Desa Palimbangan Ini Ternyata Bisa Bikin Pakan Ikan Sendiri

Kepala Desa Palimbangan Sahbirin mengatakan pihak desa memberikan kemudahan dengan mengusulkan kepada Dinas Perikanan

Petani Ikan Desa Palimbangan Ini Ternyata Bisa Bikin Pakan Ikan Sendiri
reni kurnia wati
Desa Palimbangan Kecamatan Haur Gading memiliki cukup banyak petani ikan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Desa Palimbangan Kecamatan Haur Gading memiliki cukup banyak petani ikan.

Kepala Desa Palimbangan Sahbirin mengatakan pihak desa memberikan kemudahan dengan mengusulkan kepada Dinas Perikanan untuk bekerjasama membuat pakan ikan secara mandiri.

Bantuan diberikan oleh Dinas Perikanan berupa mesin pengolah pakanbyang diletakkan dipinggir sungai agar memudahkan untuk produksi pakan ikan.

Baca: Wow! Aksi Harry Kane Live di Trans TV & Trans7, Live Streaming Swedia vs Inggris Piala Dunia 2018

Mesin pembuat pakan diberikan kepada kelompok petani ikan, sehingga pembuatan pakan ikan bisa dilakukan secara kolektif. Pembuatan pakan ikan juga untuk menekan biaya pemeliharaan.

Sahbirin menambahkan beberapa bahan yang digunakan untuk pakan ikan seperti dedak, berbagai jenis tepung pakan ikan serta bahan tambahan lain yang disesuaikan dengan ketersediaan seperti ikan, minyak ikan atau vitamin. Dengan membuat pakan sendiri petani ikan yang telah tergabung dalam kelompok tani ikan akan dimudahkan.

Baca: Tonton di Hp Kamu Live Streaming Inggris vs Swedia di Piala Dunia 2018 Live Trans TV & Trans7

"Lebih murah Rp 2000 perkilo jika dibanding dengan membeli pakan ikan, barangnya pun kadang sulit dicari jika membuat sendiri lebih mudah didapat," ujarnya.

Desa Palinbangan juga memiliki usaha untuk manambah pendapatan desa dengan menyewakan kolam ikan dan hasilnya untuk program desa.

Terpisah Kepala Dinas Perikanan Suriani mengatakan pihaknya memang memiliki program pakan mandiri dengan memberikan bantuan mesin pengolah pakan ikan kepada kelompok petani ikan. Pemerintah pusat juga membantu program pertanian di Kabupaten HSU.

"Selain menekan biaya pemeliharaan ikan juga membantu pemanfaatan bahan baku lokal," ujarnya.

Beberapa program bantuan dari Dinas Perikanan seperti pembuatan kolam ikan serta bantuan bibit juga terus dilakukan secara rutin. Pembinaan dilakukan melalui kelompok perikanan. (nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help