Berita Balangan

Alhamdulillah, Mulai Tahun Ini Jemaah Haji Asal Balangan Sudah Bisa Gunakan Fasilitas Baru Ini

Para calon jamaah haji Kabupaten Balangan kini tak perlu repot lagi dalam menggelar latihan manasik haji.

Alhamdulillah, Mulai Tahun Ini Jemaah Haji Asal Balangan Sudah Bisa Gunakan Fasilitas Baru Ini
Elhami
Para calon jamaah haji di Balangan memanfaatkan fasilitas miniatur Ka'bah untuk latihan manasik haji. Foto dirilis Minggu (8/7/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Para calon jamaah haji Kabupaten Balangan kini tak perlu repot lagi dalam menggelar latihan manasik haji.

Tahun ini fasilitas penunjang latihan manasik haji sudah rampung dan bisa digunakan oleh para calon jamaah haji yaitu berupa fasilitas ka'bah yang berlokasi dibelakang masjid al akbar.

Ketua Pengelola Masjid Al Akbar Balangan, H Zainudin membenarkan bahwa fasilitas itu baru saja rampung dan sudah bisa digunakan.

"Alhamdulillah pembangunan sekitar awal tahun tadi, sekarang sudah selesai tinggal mempercantik saja lagi, bahkan para calon jamaah sudah memanfaatkannya," katanya.

Baca: Fenomena Pengobatan Ruqyah, Tak Cuma Mengusir Jin! Ini Penyakit Kronis Lainnya yang Bisa Disembuhkan

Baca: Nining Sunarsih Ternyata Berbohong, Begini Kronologi Kebohongan Nining Sunarsih yang Terbongkar

Baca: Mengenal Timnas Kroasia, Akankah Piala Dunia 2018 Lampaui Kejayaan Era Davor Suker 20 Tahun Lalu?

Namun ia mengharapkan kedepan fasilitas ini semakin dilengkapi, karena lokasi safa marwah masih belum ada, meski demikian dengan fasilitas yang ada ini sudah sangat mendukung latihan manasik haji bagi para calon jamaah haji di Balangan.

Sementara itu Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah di Kemenag Balangan, Syamsuri Arsyad mengatakan, selama ini sebelum ada fasilitas itu, para calon jamaah latihan haji di masing-masing KUA di kecamatan.

Latihan seperti lempar jumrah, tawaf dan sebagainya memanfaatkan ruang yang ada di KUA seperti halaman, jadi panitia membikinkan miniatur ka'bah dengan perlengkapan yang ada.

Miniatur Ka'bah untuk manasik jemaah di Kabupaten Balangan. Foto dirilis Minggu (8/7/2018)
Miniatur Ka'bah untuk manasik jemaah di Kabupaten Balangan. Foto dirilis Minggu (8/7/2018) (Elhami)

"Ya semaksimal mungkin dibuat seperti beneran dilapangan kantor KUA masing-masing, alhamdulillah dengan adanya fasilitas ka'bah yang dibangun dibelakang masjid al akbar, para calon jamaah langsung diarahkan kesana untuk latihan," ujarnya.

Terpisah, Bupati Balangan H Ansharuddin mengatakan, kedepan pihaknya akan terus menambah serta mempercantik fasilitas tersebut demi kenyamanan para calon jamaah haji dalam melaksanakan latihan haji.

"Ka'bahnya nanti kita cat seperti aslinya, kemudian juga ada lokasi safa marwah dan lainnya," pungkasnnya.

Diketahui tahun 2018 ini Kabupaten Balangan akan memberangkatkan 155 jemaah jumlah CJH laki-laki 76 orang, ‬perempuan 79 orang ditambah CHJ Mutasi dari Barabai, HST 2 orang dan Tabalong 1 orang.


CJH Balangan rencananya akan Berangkat pada tanggal 6 Agustus 2018 melalui gelombang 2 kloter 13.
(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved