Kriminalitas Banjarmasin

NEWSVIDEO - Obat Maag Dijadikan untuk Penggugur Kandungan, Ini Bahayanya Menurut Dokter Kandungan

Obat maag yang dapat menggugurkan kandungan marak diperjualbelikan secara bebas. Padahal, obat tersebut

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Obat maag yang dapat menggugurkan kandungan marak diperjualbelikan secara bebas. Padahal, obat tersebut tergolong obat keras yang hanya bisa didapat dengan resep dokter.

Penelusuran BPost, obat tersebut bisa didapatkan dengan mudah baik dijual secara online maupun di toko tertentu di Banjarmasin

Dokter kandungan asal Banjarmasin, dr Bill Harman Suhardiman SpOG berkomentar terkait aborsi. Aborsi merupakan kehamilan yang berakhir sebelum pada waktunya, sebelum janin bisa bertahan hidup.

Untuk usia kehamilannya yaitu di bawah 20 minggu atau kurang dari lima bulan. Lebih dari 20 minggu biasanya yaitu partus imatur atau prematur.

Baca: Jadwal Live Trans TV & Trans7 Semifinal Piala Dunia 2018 - Prancis vs Belgia, Inggris vs Kroasia

Menurut jenisnya aborsi ada secara spontan dan buatan. Untuk aborsi spontan itu terjadi tanpa tindakan medis atau mekanis. Kalau buatan itu ada dua, yaitu medisinalis dan kriminalis.

Aborsi spontan penyebabnya yang paling sering karena kelainan kromosom atau ada gangguan genetik pada bayi. Kalau dari sang ibu bisa karena mempunyai penyakit atau plasenta dari ibu ke bayi ada gangguan.

Aborsi buatan medisinalis yaitu menggugurkan karena akan mengancam jiwa atau jika janin telah meninggal.

Aborsi buatan kriminalis yaitu menggugurkan kandungannya karena kehendak sendiri, tujuannya selain untuk menyelamatkan atau menyembuhkan si ibu.

Baca: Jadwal Live Trans7 MotoGP Jerman 2018 - Johann Zarco Cemburui Dani Pedrosa & Jorge Lorenzo

Aborsi kriminalis sangat berbahaya karena tidak ditangani secara profesional.

Efeknya bisa perdarahan, infeksi, robek rahim, dan pastinya mengancam jiwa ibu atau jika janin mengalami kelainan bawaan.

Tentang Misoprostol bisa menggurkan kehamilan, mungkin iya. Satu dua kali berhasil pada satu orang, tapi pada orang lain belum tentu berhasil.

Baca: Jadwal Piala AFF U-19 2018 - Timnas U-19 Indonesia vs Thailand Live Indosiar, Demi Juara Grup A!

Efeknya berbeda setiap orang. Misoprostol sebenarnya merupakan obat maag, tapi mempunyai efek samping membuat kontraksi pada rahim.

Di rumah sakit obat itu digunakan pada pasien pascapersalinan yang mengalami perdarahan karena rahimnya tidak berkontraksi.

Sangat berbahaya bila mengonsumsi Misoprostol tanpa anjuran dokter karena bisa menyebabkan infeksi, perdarahan dan mengancam jiwa.

Kalau di rumah sakit, obat jenis itu masih bisa diresepkan, akan tetapi pemakaiannya selalu di rumah sakit, tidak untuk di luar rumah sakit. (Tim/Banjarmasinpost.co.id)

Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved