Berita Hulu Sungai Selatan

KPU Sebut Masih Tunggu Daftar MK, Usai Tiga Hari Masa Sengketa dan Tidak Ada Gugatan

"Kami masih menunggu info dari KPU RI. Untuk masalah sengketa atau gugatan sudah kita cek ke list Mahkamah Kontitusi (MK),"

KPU Sebut Masih Tunggu Daftar MK, Usai Tiga Hari Masa Sengketa dan Tidak Ada Gugatan
BANJARMASINPOST.co.id/aprianto
Ketua KPU HSS Nida Guslaili Rahmadina 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KANDANGAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) masih belum menetapkan secara resmi pasangan calon (Paslon) terpilih pada Pilkada Kabupaten HSS 2018.

Tiga hari waktu sengketa hasil Pilkada Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah berlalu. Sejauh ini tidak ada gugatan atas hasil rekapitulasi yang sudah dilakukan oleh KPU HSS di tingkat Kabupaten.

Ketua KPU HSS Nida Guslaili Rahmadina mengatakan bahwa pengumuman Paslon terpilih sifatnya serentak dan hierarki.

"Kami masih menunggu info dari KPU RI. Untuk masalah sengketa atau gugatan sudah kita cek ke list Mahkamah Kontitusi (MK)," katanya, Senin, (9/7/2018).

Berdasarkan daftar dari MK, dikatakannya tidak ada laporan sengketa atau gugatan pada Pilkada HSS. Apalagi waktu tiga hari pendaftaran gugatan juga sudah lewat.

Baca: Live Indosiar! Link Live Streaming Timnas U-19 Indonesia vs Thailand Piala AFF U-19 2018 di Indosiar

"Penetapan paslon terpilih setelah MK mencantumkan permohonan dalam buku registrasi perkara. Register hanya memastikan bahwa pilkada HSS tidak ada gugatan. Nomor register akan menjadi dasar penetapan Paslon terpilih," bebernya.

Sekadar diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) HSS sudah menetapkan hasil Pilkada HSS bahwa Paslon nomor urut dua H Achmad Fikry-Syamsuri Arsyad menjadi pemenangnya.

Hasil ini sesuai dengan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara dan penetapan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati HSS 2018 oleh KPU HSS, Kamis, (5/7) di pendopo Kabupaten HSS.

KPU HSS menetapkan hasil Pilkada HSS yakni untuk Paslon nomor urut satu HM Najamuddin-HM Ridha meraih 34,53 persen suara dengan jumlah suara 41.292 suara.

Untuk paslon nomor urut dua meraih suara 65,47 persen dengan jumlah juara sah 78.281 suara. Untuk suara tidak sah pada Pilkada HSS ada sebanyak 5.039. Suara sah 119.537 dari total pengguna hak pilih 124.607.

(BANJARMASINPOST/APRIANTO)

Penulis: Aprianto
Editor: Restudia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help