Berita Tanahbumbu

Plt Bupati Tanah Bumbu Tutup Pelaksanaan Manasik Jamaah Calon Haji

Kementerian Agama Kantor Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan Penutupan Bimbingan Manasik Massal

Plt Bupati Tanah Bumbu Tutup Pelaksanaan Manasik Jamaah Calon Haji
Man Hidayat
Plt Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor membuka Orientasi Manasik Haji yang dilaksanakan oleh MUI Tanah Bumbu bekerjasama dengan Bagian Kesejahteraan Rakyat, Selasa (10/7/2018) bertempat di Mesjid Agung Nurussalam Gunung Tinggi, Batulicin. Calon jamaah haji yang hadir adalah dari program haji reguler dan program haji plus dari Kabupaten Tanah Bumbu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Kementerian Agama Kantor Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan Penutupan Bimbingan Manasik Massal bagi jamaah calon haji yang akan diberangkatkan pada 2018 ini.

Acara dilaksanakan di Mesjid Darul Mu'minin Pagatan pada Senin, 9 Juli 2018. Manasik ini sebelumnya telah dilaksanakan berjenjang dari mulai tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten.

Adapun jumlah jamaah haji tahun keberangkatan 2018 ini dari Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 208 orang, yang terdiri dari 88 laki-laki dan 120 perempuan.

Jumlah ini sudah termasuk di dalamnya Tim Pendamping Ibadah Haji Daerah sebanyak 2 orang. Nantinya jamaah akan dibagi ke dalam 5 group atau rombongan dengan diketuai 1 orang guna memudahkan pelayanan jamaah nantinya.

Kepala Kantor Kemenag, H Abdul Basit berpesan kepada para jamaah agar memperhatikan Rukun dan Wajib Haji.

"Jangan sampai ada yang lupa atau tertinggal melakukan Rukun Haji, karena hal ini menyebabkan hajinya tidak sah," kata Abdul Basit.

"Untuk kawan-kawan para pembimbing haji dan ketua rombongan agar memperhatikan hal ini dan juga mengingatkan para jamaah yang menjadi tanggung jawabnya, begitu juga dengan Wajib Haji dan dam yang harus dibayar apabila ada," tambahnya.

Plt Bupati H Sudian Noor dalam sambutannya mengingatkan walaupun manasik kali ini sudah selesai, tetap terus lakukan manasik mandiri, baik dengan mendatangi dan bertanya kepada guru-guru agama atau pun pembimbing haji yang ada di lingkungannya.

Selama disana nanti, jangan lupa selalu jaga kesehatan, jaga pola makan dan istirahat yang cukup. Selain itu, dia berpesan agar jangan lupa untuk menjaga adab dan sopan santun selama melaksanakan ibadah haji.

"Selalu ingat dan taati jadwal yang sudah ditentukan oleh pemerintah dalam melakukan ibadah di tanah suci nanti," katanya.

Halaman
12
Penulis: Man Hidayat
Editor: Restudia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved