Berita Tanahbumbu

Pos Kamling Ini Menjadi yang Terbaik se Kabupaten Tanbu karena Ini

Pos Kamling di RT 5 Desa Purwodadi Kecamatan Angsana Kabupaten Tanahbumbu menjadi yang terbaik

Pos Kamling Ini Menjadi yang Terbaik se Kabupaten Tanbu karena Ini
istimewa
Pos Kamling di RT 5 Desa Purwodadi Kecamatan Angsana Kabupaten Tanahbumbu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pos Kamling di RT 5 Desa Purwodadi Kecamatan Angsana Kabupaten Tanahbumbu menjadi yang terbaik di wilayah Kalimantan Selatan dibawah binaan Kapolres Tanahbumbu AKBP Kus Subiyantoro Sik.

Pasalnya, setelah berhasil menjadi yang terbaik di Kabupaten Tanahbumbu, pos kamling ini mewakili Polres Tanahbumbu mengikuti lomba pos Kamling di jajaran Polda Kalimantan Selatan. Setelah melalui beberapa tahapan, Siskamling Purwodadi ini menjadi yang terbaik se Kalimantan Selatan.

Bagaimana tidak, aturan yang diterapkan di pos kamling ini begitu ketat dan membuat wilayahnya aman dan nyaman. Dibawah binaan Kapolsek Angsana, Iptu Abdul Halim, pos kamling ini menerapkan kedisiplinan dan wilayahnya dengan tiga pilar yaitu kepala desa, bhbinkamtibmas dan babinsa serta tentunya peran oleh rt.

Baca: Kalahkan Myanmar 1-0, Timnas U-19 Malaysia Lawan Indonesia di Semifinal Piala AFF U-19 2018

Di pos kamling ini, juga menetapkan regu jaga dengan jumlah 7 regu. Dari masing-masing regu, terdiri dari 6 orang petugas. Mereka berjaga secara bergantian yang tentunya dilengkapi dengan peralatan yang ada.

Satu hal yang patut diacungi jempol, karena di Pos Kamling ini, warga wajib lapor ketika meninggalkan lingkungan rt 5 Desa Purwodadi dan menitipkan rumah beserta isinya untuk pengawasan petugas pos kamling.

Selain itu, patroli yang dilakukan dengan sistem mengambil beras jimpitan. Sementara pos kamlingmya, tempat peristirahatan yang peruntukkan bagi petugasnya juga lengkap dan nyaman dan juga untuk tamu.

Baca: LIVE STREAMING Sriwijaya FC vs Persija di Liga 1 2018 - Link Live Streaming Indosiar Vidio.com

Bahkan kelengkapan alat di wilayahnya juga harus siap dan itu sudah terpenuhi seperti kelengkapan alat pemadam kebakaran lahan dan hutan dengan skala besar maupun ringan.

"Itu semua sudah kami penuhi bahkan ketersedian mobil ambulan, mobil pemadam kebakaran serta kelengkapan perorangan berupa rompi, tongpol, borgol, kentongan dan senter juga wajib dimilik," kata Kapolsek Angsana Iptu Abdul Halim, Selasa (10/7/2018).

Menurut Abdul Halim, semua itu wajib dilengkapi. Terlebih lagi untuk kelengkapan administrasi berupa daftar tamu, daftar inventaris dan buku mutasi kegiatan juga harus ada untuk pendataan.

"Prestasi ini bisa dicapai berkat tiga pilar yaitu Kepala Desa Purwodadi, Herianto, Bhabinsa Serda Novi, Bhbinkamtibmas Bripka A Jeffry N serta peran Ketua RT, Sarno. Hasil ternaik menjadi juara 1 Polda Kalsel di peringatan Hari Bhayangkara ke 72 pada 2018 ini. Tak lupa pak Kapolres Tanbu Akbp Kus Subiyantoro Sik yang terus melakukan pembinaan kepada warga, " katanya.

Sementara itu, Kapolres Tanbu AKBP Kus Subiyantoro Sik, befsyukur dengan prestasi yamg didapatkan untuk pos kamling di Deaa Purwodadi tersebut. Sebab di Hari Bhayangkara ke 72 ini menjadi juara 1 se Kalimantan Selatan.

Pos Kamling ini menjadi wakil Polda Kalsel untuk lomba tingkat Nasional yang saat ini masih menunggu hasil putusan. Meski begitu, pos kamling ini sudah patut disyukuri karena bisa menjadi yang terbaik di kalsel apalagi kalau sampai juara 1 Nasional.

"Dari pusat belum ada keputusannya. Tapi kami sudah bersyukur menjadi terbaik Kalsel di jajaran Polda Kalsel," katanya.

Meski begitu, Kus mengatakan tidak akan berhenti setelah dipenilaian saja. Sebb ini terkait kenyamanan dan keamanan di wilayhmya sehingga perlu ditingkatkan lagi. Semuanya terus berkelnjutan untuk menjaga wilayahnya masing-masing.

"Pos Kamling Purwodadi ini yang menjadi terbaik dapat dicontoh yang lain, baik itu dari segi bangunan, kelengkapan, sistem penjagaan serta peran serta 3 pilar desa," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved