Berita Banjarbaru

Ini Keluhan Terbanyak yang Masuk ke Pemprov Kalsel, Kanal LAPOR!

Nyatanya tak semua pemda terhubung dengan Kanal LAPOR! yang dikelola oleh Menpan RB ini.

Ini Keluhan Terbanyak yang Masuk ke Pemprov Kalsel, Kanal LAPOR!
Istimewa
Kanal LAPOR 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kanal LAPOR! pada dasarnya sudah populer di pemerintahan sejak 2016. Bahkan Pemko Banjarbaru telah menerapkan kanal LAPOR! menjadi yang pertama menerapkan kanal LAPOR! atau juga sering disebut Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-LAPOR) ini.

Nyatanya tak semua pemda terhubung dengan Kanal LAPOR! yang dikelola oleh Menpan RB ini. Bahkan di Kalsel baru lima pemda yang terhubung dengan Kanal LAPOR! dan Pemprov Kalsel.

Lima pemda tersebut yaitu Pemko Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Batola dan HSS. Sisanya misalnya Pemkab Tapin, Tanahlaut, HSU tak terdaftar di kanal LAPOR!.

Kepala seksi pengelolaan opini publik Diskominfo Kalsel, Khairuni mengatakan Pemprov Kalsel bersama Pemko Banjarmasin bakal menggelar Gerakan Sadar Lapor pada 15 Juli di Menara Pandang Banjarmasin.

Pemprov Kalsel tergolong terlambat terhubung dengan Kanal LAPOR!. Pemprov Kalsel baru Maret 2017 terhubung dengan Kanal LAPOR! lantaran baru ada pemisahan Dishubkominfo pada Januari 2017. Berbeda dengan Pemko Banjarmasin atau Banjarbaru yang sudah lama memisahkan Dishub dengan Diskominfo.

"Awalnya Pemprov terkendala SDM, tapi setelah pisah tugas kita makin jelas dan kita lebih mudah menyiapkan tenaga yang mengelola aduan itu," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Rabu (11/07/2018).

Memang ujar Khairuni jumlah aduan yang masuk ke Kanal LAPOR! pemprov Kalsel tak sebanyak yang masuk ke Pemko Banjarbaru dan Banjarmasin. Namun sudah ada ratusan aduan yang masuk ke Pemprov diantaranya didominasi aduan pelayanan rumah sakit dan keterlambatan gaji guru.

"Semua sudah kita teruskan ke SKPD terkait misalnya keterlambatan gaji guru kita hubungkan ke Disdik atau jalan rusak ke PUPR," ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id /miln)

Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help