Berita Banjar

Kejari Banjar Terbentur Jadwal Dinas Luar Kota Anggota Dewan

Kejari Banjar terus melakukan penyidikan dugaan perjalanan dinas fiktif di DPRD Banjar. Rupanya ada kendala yang dihadapi.

Kejari Banjar Terbentur Jadwal Dinas Luar Kota Anggota Dewan
istimewa
Kasipidsus Kejadi Banjar, Tri Taruna 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Pemanggilan anggota DPRD Banjar oleh Penyidik Kejari Banjar dalam kasus dugaan perjalanan dinas fiktif terus berlanjut. Yang menjadi kendala adalah menyesuaikan jadwal pemanggilan dengan dinas luar kota para wakil rakyat tersebut.

Kasipidsus Kejari Kabupaten Banjar, Tri Taruna mengatakan, tidak ada kendala khusus dalam menyelesaikan kasus tersebut. Hanya saja proses pemanggilan terbentur dengan jadwal perjalanan dinas DPRD keluar daerah.

“Total 38 anggota dewan terperiksa. Silakan berpendapat tetapi penyidik tetap fokus pada proses penyidikan,” katanya, Rabu (11/7).

Ditegaskannya, pemanggilan tetap sesuai jadwal dan ditegaskannya pula bahwa penyidik tidak bisa diintervensi oleh siapapun.

Adapun proses hukum yang belum ada kejelasan bagi anggota dewan mengganggu jalannya roda pemerintahan. Mengingat anggota DPRD Banjar adalah lembaga legislatif, pemerintahan daerah itu sendiri terdiri dari eksekutif dan legislatif.

Diungkapkan Pengamat Pemerintahan dari Fisip ULM, Gazali Rahman. Bahwa status hukum yang belum jelas maka menyandera secara individu anggota dewan yang bersangkutan dan secara lembaga yakni DPRD Banjar.

“Berpengaruh terhadap kinerja Pemkab secara keseluruhan. Apalagi menghadapi pemilu legislatif, tentu sangat berimplikasi langsung, baik sebagai individu dan partai pengusungnya,” kata Gazali Rahman.

Fungsi sebagai badan legislatif tidak bisa optimal, karena dugaan tersangkut kasus hukum. Fungsi sebagai legislasi, anggaran dan terlebih lagi dalam menjalankan pengawasan tidak maksimal.

“Bagaimana bisa maksimal dalam hal pengawasan, sementara dugaan tersangkut kasus masih melekat. Wakil rakyat sebagai refresentasi dari pemilihnya, citra partai politik,” jelasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved