Berita Banjar

Pilkades Serentak di 20 Desa, Pemkab Banjar Libatkan Kepolisian

Kamis (12/7) besok Kabupaten Banjar menggelar Pilkades serentak di 20 desa.

Pilkades Serentak di 20 Desa, Pemkab Banjar Libatkan Kepolisian
banjarmasin post group/ isti rohayanti
Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Fahrian Rahman 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kamis (12/7) besok Kabupaten Banjar menggelar Pilkades serentak di 20 desa. Dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut berbagai persiapan pun telah dilakukan.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Fahrian Rahman kesiapan pun sudah 100 persen. Bahkan pihaknya di hari H akan meninjau langsung ke lapangan.

Perihal pelaksanaan pemilihan nantinya, instansi itu pun menyediakan quick count untuk perhintungan. Dimana quick count nantinya akan dipusatkan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar, Jalan Ayani, Martapura.

Ia mengatakan untuk pemilihan kepala desa kali ini tidak akan ada pemilihan ulang. Bahkan ketika hasilnya seri pun, tetap ada cara agar pemilihan ulang tidak dilakukan.

Begitupun ketika ada laporan kesalahan perhitungan suara. Disampaikan oleh Fahrian pihaknya akan menerima laporan itu. Sehingga bisa saja dilakukan perhitungan ulang. Namun apabila tidak ada laporan dalam tiga hari, maka perhitungan suara di anggap sah.

Sedangkan laporan money politik atau jejak rekam calon pembakal terpilih, ia katakan akan diurus oleh pihak kepolisian. Sehingga untuk penanganan akan dilakukan oleh polisi. Termasuk pengamanan Pilkades dan tempat-tempat yang dianggap rawan.

"Terkait masalah persengketaan, kami sudah mengkoordinasikan dengan berbagai pihak. Baik dari Kecamatan, Polsek dan berkoordinasi dengan pihak Polres kepolisian di kabupaten," ucap Fahrian.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti) 

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help