Berita Batola

Tiap Hari 250 Warga Datangi Kantor Dispencapil Batola

Animo warga Batola untuk mengurus berbagai akte di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (dispencapil) kabupaten cukup tinggi.

Tiap Hari 250 Warga Datangi Kantor Dispencapil Batola
banjarmasin post group/ edi nugroho
Kadispencapil Batola Jakuinuddin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATOLA - Animo warga Batola untuk mengurus berbagai akte di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (dispencapil) kabupaten cukup tinggi. Buktinya, dalam satu hari itu antara 100 sampai 250 warga datang ke kantor Dispencapil Batola untuk mengurus berbagai akte.

“Warga sudah sudah mengerti pentingnya dokumen kependudukan untuk keperluan berbagai urusan,”Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispencapil) Kabupaten Batola, Jakuinuddin, Rabu (11/7/2018).

Dikatakannya, saat ini warga Batola itu paling banyak berurusan pemutakhiran KTP, KK dan pembuatan akte kelahiran juga akte kematian. Persyaratan lengkap dan pendukung untuk mengurus berbagai akte sudah disosialisikan ke masyarakat. Seperti fotocopy buku nikah, KK, KTP dan surat keterangan kelahiran.

“Untuk pembuatan akte kelahiran cukup banyak syaratnya dan khusus. Sebab, akte kelahiran itu merupakan dokumen negara dan sifatnya seumur hidup,” katanya.

Dijelaskannya, KK dan kartu keluarga sendiri itu sifatnya temporer. Jika ada elemen data yang berubah seperti alamat, status pekerjaan, maka KK dan KTP akan dimatuhirkan datanya. Sering terjadi selisih nama, tanggal bulan lahir, nama orangtua antara buku nikah dengan ijazah itu berbeda. (Banjarmasinpost.co.id/Edi Nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help