Berita Banjar

Angggota DPRD Banjar Banyak Tidak Hadir Rapat Paripurna Karena Penuhi Syarat Pencalegan

Pimpinan DPRD Banjar dan Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur terpaksa harus menunggu anggota DPRD Banjar hadir di ruang paripurna untuk memenuhi kuorum

Angggota DPRD Banjar Banyak Tidak Hadir Rapat Paripurna Karena Penuhi Syarat Pencalegan
banjarmasin popst group/ hasby suhaily
Suasana Rapat Paripurna DPRD Banjar

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Pimpinan DPRD Banjar dan Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur terpaksa harus menunggu anggota DPRD Banjar hadir di ruang paripurna untuk memenuhi kuorum, sebelum menggelar Rapat Paripurna, Kamis (12/7).

Dari total anggota DPRD Banjar 45 orang dan syarat memenuhi kuorum forum dihadiri minimal 23 orang.

Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Banjar, H Rusli, Wakil Ketua, Siti Zulaikha, Iqbal Khalillurrahman dan Saidan Fahmi.

Anggota Komisi III DPRD Banjar, M Yunani mengatakan, keterlambatan waktu beberapa menit dalam pelaksanaan paripurna hal yang biasa. Permasalahan anggota dewan tidak hadir merupakan hak masing-masing individu dan tidak bisa memaksa.

Baca: Live Streaming Indosiar! Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Malaysia Semifinal Piala AFF U-19 2018

“Akan tetapi sudah dikonfirmasi tidak hadir karena memenuhi persyaratan mengajukan pencalonan legislatif. Ada persyaratan seperti tes kesehatan yang cukup menyita waktu,” jelasnya.

Pada Paripurna itu, agenda mendengar penyampaian fraksi-fransi terhadap Raperda perubahan Perda Nomor 4 tahun 2012 dan Raperda pertanggungjawaban APBD 2017.

Info didapat pada 3 Juli lalu Paripurna juga sempat ditunda karena bertepatan dengan partai politik menggelar tes kesehatan. Partai politik di Kabupaten Banjar menggelar tes kesehatan secara kolektif, menjadi alasan wakil rakyat tidak bisa hadir di Paripurna.

Adapun berdasarkan daftar hadir, wakil rakyat yang tidak hadir pada Paripurna itu adalah, dari Fraksi Golkar, Gt Abdul Rahman, Andin Sofyanoor. Fraksi PPP yakni H Jum’ani, Abdul Hadi, Mulkan, Wakil Ketua FPKB, Ahmad Baharun dan anggotanya H Wahyudin keterangan izin.

Baca: Myanmar ke Final! Hasil Thailand vs Myamnar di Semifinal Piala AFF U-19 2018 - Skor Akhir 0-1

Ketua Fraksi Gerindra, Khairudin, anggota Fraksi Gerindra, Mardani, Farhat Mubarak. Ketua Fraksi Demokrat, Hj Rusmini, anggotanya, H Ismail Hasan dengan keterangan izin. Fraksi PDIPHN, Yunita Ningsih, dan anggotanya Hj Diah Mihatri Bidaniar keterangan izin.

Wakil rakyat yang tidak hadir lainnya, Ketua Fraksi Nasdem, H Akhmad Rozanie, anggota Fraksi Nasdem Dereana Farmei Golles, Abdussaman.

Anggota yang terlambat hadir di Paripurna itu adalah Kasmili dan disusul Rusdiana yang hadir saat Paripurna sudah berlangsung. Rusdiana bahkan bergegas masuk dan hampir lupa menandatangani absensi hadir.

Baca: Bocah 8 Tahun yang Tenggelam di Sungai Sampanahan Ditemukan, Ada Bekas Luka Gigitan di Tubuh Korban

Wakil Ketua DPRD Banjar, Saidan Fahmi mengatakan, selalu pimpinan dewan memang tidak bisa memberikan sanksi, terlebih mengganti anggota dewan karena kewenangan tersebut ada di partai politik masing-masing.

“Unsur Pimpinan tidak ada kewenangan memberi sanksi. Secara institusional memang telah mencoreng muka, meskipun secara kuorum terpenuhi tapi sempat ditunda dan ini terjadi sudah beberapa kali,” jelasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help