Berita Balangan

Dinas Sosial Balangan Berencana Bangun 16 Unit Rumah untuk Warga Miskin

Dinas Sosial Kabupaten Balangan mulai melanjutkan kegiatan pengadaan sarana prasarana pendukung usaha keluarga miskin yang sasarannya ke 16 rumah.

Dinas Sosial Balangan Berencana Bangun 16 Unit Rumah untuk Warga Miskin
istimewa
Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH) yang dijalankan di Kecamatan Batumandi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN -Dinas Sosial Kabupaten Balangan mulai melanjutkan kegiatan pengadaan sarana prasarana pendukung usaha keluarga miskin yang sasarannya ke 16 Rumah Layak Huni (RLH) pada 2018. 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan H. Ribowo, menuturkan pembangunan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH) periode di tahun anggaran 2018 menyasar ke 8 Kecamatan di Balangan.

"Nilai 1 unit rumah program RS-RTLH sebesar Rp 10 juta untuk belanja bahan dan Rp 2 juta untuk upah tukang. Pembangunannya saat ini sudah dimulai, dan diharapkan akhir semester pertama sudah tuntas," ujarnya.

Baca: LIVE STREAMING Indonesia vs Malaysia Semifinal Piala AFF U-19 2018 - Link Live Streaming Indosiar

Kabid Pengendalian Fakir Miskin Hj Nursidah menambahkan, kriteria masyarakat yang mendapat program RS-RTLH ini harus sudah terdaftar pada basis terpadu fakir miskin, yg diusulkan oleh pihak Kecamatan, dan lolos verifikasi tim Dinas Sosial Kabupaten.

Ia mengimbau 8 Kecamatan serta peran kepala desa hendaknya terjun langsung untuk langsung mengawasi program agar sukses.

Baca: Tim Tamu Terinspirasi Kroasia Jelang Timnas Indonesia vs Malaysia, Semifinal Piala AFF U-19 2018

”Dari setiap penerima manfaat mendapatkan bantuan dana untuk merenovasi rumah. Karena memang program ini menyasar untuk warga warga miskin yang memilki tempat tinggal yg kondisinya memang sdh layak untuk mengalami perbaikan" katanya.

Disebutkannya, kriteria penerima program di antaranya rumah tangga miskin yang terdaftar pada basis data terpadu, belum pernah menerima bantuan RS-RTLH, memiliki KTP, dan dan memiliki rumah di atas tanah milik sendiri yang dibuktikan dengan sertifikat, ataupun bukti sporadik.yang di usulkan oleh kepala desa melalui kecamatan di Kabupaten Balangan.

Baca: Myanmar ke Final! Hasil Thailand vs Myamnar di Semifinal Piala AFF U-19 2018 - Skor Akhir 0-1

Guna menunjang program lainnya, Dinas Sosial Balangan juga memaksimalkan untuk kegiatan sosial, seperti pemberdayaan fakir miskin, pembagian sembako, rehab rumah tak layak huni, bantuan modal usaha bagi warga miskin serta untuk lansia produktif, serta melatih pendidikan keterampilan bagi remaja dan penyandang disabilitas.

Darmatasiah salah satu penerima program ini mengaku sangat senang sekaligus terharu.

"Rumah kami diperbaiki melalui program ini termasuk anugerah dari Tuhan," katanya singkat.

(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved