Desa Panjaratan Dikenal Karena Bekantan

Dua Organisasi Ini Ambil Langkah Demi Selamatkan Bekantan

Gerakan Hijau Peduli Bakantan (Gahipbta) Tanahlaut getol jaga habitat bekantan

Dua Organisasi Ini Ambil Langkah Demi Selamatkan Bekantan
ist
Direktur LSM Merah Putih Kabupaten Tanahlaut bersama mahasiswa asal Australia 

 BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Gerakan Hijau Peduli Bakantan (Gahipbta) Tanahlaut merupakan organiasi atau komunitas para pemuda di Desa Panjaratan, Kecamatan Pelaihari.

Mereka inilah yang getol menjaga habibat bekantan setelah melihat kawanan satwa langka ini muncul di bantaran sungai Panjaratan mencari makan di timbunan hutan.

Ketua Gahipbta Tanahlaut, Amrullah meminta Pemerintah Desa Panjaratan agar membuat peraturan desa menjaga lingkungan bekantan tidak terganggu aktivitas warga.

Menurut Amrullah, keberadaan satwa langka dan hutannya jika tidak dibuatkan aturan minimal sementara ini peraturan desa menjaga agar lingkungan habibat Bakantan tetap aman.

Direktur LSM Merah Putih Tanahlaut, M Hardiansyah mengaku akan meminta Pemerintah Kabupaten Tanahlaut tidak membolehkan perluasan aktivitas perkebunan kelapa sawit.

Baca: Driver Online ini Kaget, Ternyata Penumpangnya Orang yang Sudah Meninggal Dunia

"Saya sudah melihat satwa Bakantan. Saya juga berkomunikasi dengan peneliti lingkungan dari Australia. Keberadaan satwa langka bekantan terancam akibat perluasan perkebunan kelapa sawit," katanya.

Kegiatan LSM Merah Putih Kabupaten Tanahlaut akan berkoordinasi dengan warga dan tokoh pemuda di Desa Panjaratan untuk bersama melakukan penanaman pohon rambai dan bahan makanan satwa bekantan.

"Memohon fasilitasi Pemerintah Kabupaten Tanahlaut terkait rencana menanam pohon di bantaran sungai Panjaratan dan bersama mengawal agar tak terjadi perluasan perkebunan yang mempersempit hutan habibat satwa bekantan," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Restudia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved