Seputar Kalteng

Kagetnya Warga Atap Seng dan Dinding Rumahnya Bergetar, Gempa Tektonik Guncang Kasongan

pukul 13.43 WIB dikagetkan dengan getaran dan suara gemuruh sekitar 10 detik yang mengguncang wilayah tersebut.

Kagetnya Warga Atap Seng dan Dinding Rumahnya Bergetar, Gempa Tektonik Guncang Kasongan
banjarmasin post group/ faturahman
Kantor Bupati Katingan

BANJARMASINPOST.CO.ID, KASONGAN- Warga Katingan Hilir Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Kamis (12/7/2018) sekitar pukul 13.43 WIB dikagetkan dengan getaran dan suara gemuruh sekitar 10 detik yang mengguncang wilayah tersebut.

Warga Katingan yang selama ini tidak pernah merasakan gempa, kaget dengan adanya guncangan sekian detik tersebut, sehingga memilih keluar rumah, karena takut ada gempa susulan yang akan kembali terjadi.

"Saya kaget saja, meski cuma beberapa detik tetapi getarannya sangat terasa sehingga saya dan istri sempat keluar rumah, karena kami yakin itu adalah getaran gempa, tetapi karena kondisinya terasa aman, setelah 15 menit di luar, kami kembali masuk rumah," ujar Irwan, Warga Katingan Hilir.

Sementara itu, Kepala BMKG Stasiun Tjilik Riwut Palangkaraya, I Wayan Mustika, membenarkan ada gempa di wilayah Katingan, siang tadi, namun tidak berlangsung lama."Ya, benar ada rilis resmi dari BMKG Balikpapan,"ujarnya.

Baca: Indonesia Gagal ke Final! Hasil Akhir Indonesia vs Malaysia Semifinal Piala AFF U-19 2018 - Skor 3-4

Berdasarkan, rilis tersebut, gempa terjado, Kamis tanggal 12 Juli 2018 ,gempabumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah.

Keterangan, Kepala BMKG Balikpapan, Mujianto, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 14:43:59.6 WITA dengan kekuatan M = 4.2 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 1.87 LS dan 113.43 BT atau tepatnya berlokasi di 70 km Barat Laut Palangkaraya, pada kedalaman 5.0 km.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan kuat/lemah dirasakan di daerah Katingan dan Kasongan dalam skala intensitas IISIG – BMKG atau (III-IV MMI).

Baca: Bursa Prediksi, Head to Head, Susunan Pemain Prancis vs Kroasia Final Piala Dunia 2018 Live Trans TV

Di daerah ini guncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh orang banyak/beberapa orang, bahkan beberapa warga ada yang berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Terkait dengan peristiwa gempabumi tektonik yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 16:00 WITA belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG, demikian rilis tersebut. (banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Murhan
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help