Berita Banjarmasin

Mahasiswa UM Ucapkan Sumpah, H Aslani Berharap Putranya Bisa Mengabdi Pada Masyarakat

Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasim tahun Akademi 2017-2018 mengambil sumpah Janji Praktek Klinik

Mahasiswa UM Ucapkan Sumpah, H Aslani Berharap Putranya Bisa Mengabdi Pada Masyarakat
banjarmasin post group/ burhani yunus
Pengucapan janji praktek mahasiswa D3 Program Kebidanan dan Kesehatan UM Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasim tahun Akademi 2017-2018 mengambil sumpah Janji Praktek Klinik kepada mahasiswa dan siswi Program Studi D.3 Kebidanan Angkatan XII dan D.3 Keperawatanan Angkatan XXII.

Sebanyak 53 mahasiswa terdiri dari 17 mahasiswa keperatawan san 36 mahasiswa kebidanan diambil janji prakteknya yang dilaksanakan di Aula Universitas Muhamadiyah Banjarmasin, Kamis (12/7/2018).

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Rektor Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Prof Dr H Ahmad Khairuddin M.Ag, Ketua Program Studi D3 Kebidanan Zaiyiadah Fathony M.Keb, Ketua Program Studi D3 Keperawatan Noor Amaliah Ns, M Kep dan Direktur Rumah Sakit Islam Banjarmasin yang diwakili Kepala Bidang Keperawatan Eks Danayanti S Kep Ns. Turut hadir juga orang tua mahasiswa dan siswi kebidanan dan keperawatan yang diambil janji prakteknya.

Baca: Rizki Ahmad Korban Dipatuk Ular King Cobra Dimakamkan, Ini Bisikan Terakhir Ayahnya

Muhammad Syafwani M Kep Sp Jiwa, Dekan Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhamadiyah Banjarmasin mengatakan, janji praktek klinik yang dilaksanakan merupakan kegiatan rutin tahunan sebelum sebelum mahasiswa dan siswi melakukan praktek klinik di lahan praktek. Adapun tujuan dari acara untuk mengambil janji mahasiswa dan siswi yang berkaitan dengan etika dan profesinya sebagai calon tenaga keeehatan dan memberikan pelayananan kesehatan kepada pasien.

"Jadi karena mereka baru semester dua kalau semester pertama mereka full teori dan praktik di lab kampus saja jadi mulai semester dua ini pertengahan mereka mulai pertama kali praktik di layanan kesehatan mulai semester dua sampai terakhir terus-terusan mereka praktik sampai dengan capaian kompetensi mereka. Jadi mulai sekarang mereka sudah mematuhi menaati aturan kemudian etika di klinik bagaimana berinteraksi dengan pasien bagaimana harus bersikap dengan sesama profesi maupun dengan sesama profesi yang lain," katanya.

Prof Dr.H Ahmad Khairuddin M.Ag berharap kepada mahasiswa dan siswi yang diambil janji prakteknya menjaga nama baik institusi. Ramah kepada klien, selalu menjaga kedisiplinan diri, mengutamakan kepentingan klien di atas kepentingan pribadi, cermat dalam bertindak dan dapat menjaga privesi atau kesehatan klien.

"Hal itu akan berbanding lulus dengan kualitas lulusan mahasiswa itu sendiri mendatang," katanya

Baca: 5 Fakta Rizki Ahmad, Korban Tewas Dipatuk Ular King Cobra, Dari Ritual Hingga Akhirnya Dimakamkan

H Aslani orang tua Lukmannul Hakim yang diambil janji prakteknya berharapa putra bungsunya Lukman menjadi seorang perawatan yang bisa mengabdikan dirinya kepada masyrakat.

"Saya berharap Lukman bisa mengabdikan dirinya kepada masyarakat," kata H Aslani, Desa Margasari Rt 3 RW 2 Kecamatan Candilaras Selatan Kabupaten Tapin.

Ilhamsyah (44) ayah dari Mitra Sejati warga Jalan A Yani Rt 6 Kecamatan Katingan Hulu Tumbang Senamang Kabupaten Katingan. Sangat berbahagia dengan karena diharapka Mitra Sejati bisa membantu keluarga yang hanya seorang tani.

Domas Nurchandra Pramudianti M. Keb ketua panitia pelaksana Janji Praktek Klinik kepada mahasiswa dan siswi Program Studi D.3 Kebidanan Angkaan XII dan D.3 Keperawatanan Angkatan XXII mengatakan, setelah diambil janji program studi kebidanan akan mulai praktek tanggal 26 Juli mendang sedangkan program kebidanan akan langsung praktek, Senin (16/7/2018) di Rumah Sakit Islam Banjarmasin.

(BANJARMASINPOST.CO.ID/BURHANI YUNUS)

Penulis: Burhani Yunus
Editor: Restudia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help