Berita Tanahlaut

Sayuran dan Buah Labu Kuning Tanaman Warga Binaan Rutan Pelaihari Bakal Dipanen

Warga binaan program asimilasi jelang bebas di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIb Pelaihari bakal panen sayuran dan buah labu kuning.

Sayuran dan Buah Labu Kuning Tanaman Warga Binaan Rutan Pelaihari Bakal Dipanen
istimewa
Warga binaan mengecek buah labu hasil tanaman di pekarangan Rutan Pelaihari, Kamis (12/7/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Warga binaan program asimilasi jelang bebas di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIb Pelaihari bakal panen sayuran dan buah labu kuning.

Humas Rutan Pelaihari, Herman Dewa Bhagaskarra mengaku keberadaan tanaman sayuran dan buah labu kuning itu memanfaatkan lahan pekarangan Rutan Pelaihari.

Menurut Herman, tanah di Kelurahan Saranghalang, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut sangat subur untuk bercocok tanam.

"Sayur yang ditanam dari berbagai jenis, seperti terong, kangkung cabut, sawi, cabai, kacang panjang dan labu kuning," ujarnya, Kamis (12/7/2018).

Baca: Live Streaming Indosiar! Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Malaysia Semifinal Piala AFF U-19 2018

Kepala Rutan Pelaihari, Suparman, menjelaskan sekitar 3 hektare lahan di samping dan belakang Rutan Pelaihari dinilainya bagus dijadikan kebun sayuran dan buah labu.

"Kalau yang menangani makan untuk para napi dan tahanan disini kan pihak ketiga (pemborong), jadi hasil kebun yang ditanami sayuran itu bisa dijual kepada pihak ketiga," kata Suparman.

Berkebun itun, jelas Suparman, sangat bermanfaat dan tidak menjadi lahan kosong, jika dilakukan secara konsisten, bukan tidak mungkin, Rutan Pelaihari bisa saja menjadi sentra produksi sayur dan buah di Kabupaten Tanahlaut.

Baca: Bocah 8 Tahun yang Tenggelam di Sungai Sampanahan Ditemukan, Ada Bekas Luka Gigitan di Tubuh Korban

"Bercocok tanam labu kuning adalah salah satu pilihan bisnis yang menarik, mengingat komoditas labu kuning cukup banyak konsumennya," ujarnya berpromosi.

Buah yang bernama Latin Cucurbita Moschata atau biasa disebut dengan nama waluh ini memiliki rasa yang cukup enak.

"Kita sering menjumpai buah ini yang diolah menjadi berbagai jenis hidangan, seperti kolak misalnya," jelasnya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved