Seputar Kalteng

Selain Katingan, Warga Sukamara Tahun 2016 Silam Juga Dikagetkan Gempa

Peristiwa gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Kamis (12/7/2018) merupakan

Selain Katingan, Warga Sukamara Tahun 2016 Silam Juga Dikagetkan Gempa
banjarmasin post group/ faturahman
Kantor Bupati Katingan

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA-  Peristiwa gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Kamis (12/7/2018) merupakan gempa kali kedua yang terjadi di Kalteng.

Meskipun gempa bumi yang terjadi di Katingan tersebut, hanya terjadi beberapa detik saja dan tidak mangakibatkan bangunan runtuh, namun getarannya sempat mengagetkan warga setempat.

"Ya, atap seng rumah saya berbunyi, kami mendengar suara gemuruh, seperti bunyu alat berat yang beriperasi, disamping rumah ternyata yang terjadi gempa tektonik, memang beberapa detik saja kejadiannya dan tidak ada rumah yang rusak," ujar Aulia, warga Katingan Hilir.

Berdasarkan catatan BPost Online, Jumat (24/6/2016 ) Warga Kabupaten Sukamara, Kalteng,  juga sempat dikagetkan getaran gempa, namun tidak mengakibatkan kerusakan.

Baca: Kagetnya Warga Atap Seng dan Dinding Rumahnya Bergetar, Gempa Tektonik Guncang Kasongan

 Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kalimantan Tengah, ‎I Wayan Mustika, saat itu mengatakan, memang ada gempa yang mengenai Kalteng saat itu hanya sekadar sesar atau pergeseran mendatar dan bukan patahan, sehingga dampaknya tidak besar.

Wayan mengatakan, semua wilayah Kalteng masih dalam wilayah lingkaran gunung berapi atau ring of fire, sehingga kaitannya juga dengan kejadian gempa bumi pasti juga tetap bisa ada pengaruhnya meskipun kecil. (banjarmasinpost.co.id/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Murhan
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved