Bumi Antaluddin

Wujudkan Swasembada Pangan, HSS Gerakkan Tanam Padi di Lahan Lebak

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pertanian melaksanakan gerakan tanam padi di lahan lebak.

Wujudkan Swasembada Pangan, HSS Gerakkan Tanam Padi di Lahan Lebak
istimewa
Tanam padi di Lahan Lebak di Kandangan. 

BANJARMASIN.CO.ID, KANDANGAN - Dalam rangka mewujudkan swasembada pangan, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pertanian melaksanakan gerakan tanam padi di lahan lebak pada kelompok tani Suka Maju Desa Banua Hanyar Kecamatan Daha Selatan.

Kegiatan yang berlangsung pada Rabu, (11/7) ini dihadiri langsung oleh Penjabat Bupati HSS H Dahnial Kifli. Dia langsung turun ke areal persawahan, membaur bersama dengan para petani menanam benih padi.

Walaupun cuaca yang cukup panas namun PJ Bupati HSS tampak bersemangat dan dengan cekatan menanam bibit padi pada lahan rawa Lebak.

"Kegiatan ini sangat penting untuk mendukung ketersedian pangan sehingga stok pangan didaerah akan tercukupi," katanya sebelum melakukan penanaman.

Penjabat Bupati Kandangan Cek Ekscavator di Lahan Lebak
Penjabat Bupati Kandangan Cek Ekscavator di Lahan Lebak (istimewa)

Selain itu dikatakannya bahwa kegiatan gerakan tanam padi lebak selaras dengan tujuan bersama yaitu untuk mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten HSS.
Hal ini tentunya akan dapat dicapai melalui percepatan panen, pemanfatan lahan tidur, cetak sawah baru sehingga diharapkan dapat meningkatkan pruduktifitas pertanian di HSS.

Pihaknya sangat berharap agar para orang tua khususnya petani agar dapat membimbing putra-putrinya untuk mencintai kegiatan bertani.

Diungkapkannya tanpa adanya penerus para petani, maka pangan sebagai salah satu kebutuhan pokok akan mengalami kelangkaan. Keberadaan para petani, khususnya bagi daerah kita HSS yang sumber mata pencaharian terbanyak adalah petani, maka akan dapat menunjang pembangunan di daerah HSS.

Penjabat Bupati Kandangan di Lahan Lebak
Penjabat Bupati Kandangan di Lahan Lebak (istimewa)

Pj Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada para penyuluh pertanian yang telah berperan aktif membantu para petani.

“Harapan kami agar hal positif ini dapat terus dipertahankan dan kalau bisa ditingkatkan intensitasnya. Peran penyuluh agar tidak hanya pada petani yang tergabung dalam kelompok tani, namun juga dapat merangkul petani lainnya yang belum termasuk dalam anggota kelompok tani agar kesejahteraan bersama bisa dicapai," tambahnya.

Pada kegiatan ini juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten HSS H Akhmad Fahmi SE, Dandim 1003 Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, Kadis Pertanian HSS H Fathurrahman dan para petani serta warga setempat.

Setelah dari Desa Banuahanyar Daha Selatan, PJ Bupati kembali melanjutkan kegiatannya ke Desa Teluk Labak Daha Utara dalam rangka pencanangan optimasi lahan rawa lebak bersama Kelompok Tani Darul Amin dan Kelompok Tani Sinar Mulia.

PJ Bupati HSS terjun langsung bergerak ke lokasi lahan yang akan digarap guna meninjau salah satu excavator yang sudah dioperasikan untuk pembuatan tanggul, saluran tersier, saluran sekunder serta pintu air pada tanggul.

Menurut Dahnial, pembuatan tanggul itu juga dilaksanakan dalam rangka pemanfaatan "Lahan-lahan tidur" yang ada di HSS. "Pembuatan tanggul serta pemanfaatan lahan-lahan tidur ini diharapkan nantinya bisa mencapai program swasembada pangan didaerah kita" ucap PJ Bupati. (*/AOL)

Penulis: Aprianto
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help