Pelari Indonesia Juara Dunia

Jadi Pelari Pengganti, Lalu Muhammad Zohri Malah Jadi Juara Dunia U-20 di Finlandia

Saat banyak orang Indonesia seperti banyak orang pula di belahan lain Bumi tengah "tersihir" ajang Piala Dunia 2018

Jadi Pelari Pengganti, Lalu Muhammad Zohri Malah Jadi Juara Dunia U-20 di Finlandia
tribunnews.com
Lalu Muhammad Zohri 

BANJARMASINPOST.CO.ID - LALU Muhammad Zohri menyentak Indonesia dan dunia pada Kamis (12/7/2018) dini hari WIB atau Rabu (11/7/2018) petang waktu Tampere, Finlandia.

Saat banyak orang Indonesia seperti banyak orang pula di belahan lain Bumi tengah "tersihir" ajang Piala Dunia 2018, Zohri membuktikan bahwa anak bangsa ini bisa menjadi juara dunia dari cabang olahraga lari jarak pendek.

Untuk pertama kalinya, nama Indonesia mencuat di ajang lari dunia kelompok umur 20 tahun yang digelar Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF World U-20 Championship), sejak hajatan itu pertama kali digelar pada 1986, bahkan di ajang dunia untuk kompetisi atletik yang mana saja.

Baca: Yatim Piatu, Lalu Muhammad Zohri Sang Juara Dunia Lari 100 Meter Ini Hidup di Rumah Berlapis Koran

Itu pun, dalam video yang disertakan IAAF dalam cuitan Twitter di atas, awal mulanya sosok Zohri disebut hanya laiknya sebagai "satu lagi nama pelari lain" yang ikut berlaga.

Berlaga di nomor 100 meter, Zohri yang baru pertama kali mengikuti ajang Kejuaraan Dunia U-20 ini menempati lintasan lari (lane) paling luar alias jalur kedelapan pada babak final. Posisi tersebut kerap diasosikan dengan lintasan atlet tak diunggulkan, disebut terakhir seperlunya.

Baca: Usai Juara Dunia, Ini Pesan Khusus Lalu Muhammad Zohri untuk Presiden dan Rakyat Indonesia

Siapa nyana, justru sosok ini yang menjadi juara. Dari lintasan terluar, Zohri mempecundangi favorit juara dari nomor sprint 100 meter ini, Anthony Schwartz dan Eric Harrison dari Amerika Serikat.

Catatan waktu Zohri adalah 10 menit 18 detik (dengan percepatan angin searah pelari 1,2 meter/detik).

Baca: Bursa Prediksi, Head to Head, Susunan Pemain Prancis vs Kroasia Final Piala Dunia 2018 Live Trans TV


Hasil Akhir Nomor 100 Meter IAAF World Championship 2018 - (IAAF.org)

Berikut ini rekam jejak Zohri, pelari asal Lombok, Nusa Tenggara Barat, kelahiran 1 Juli 2000. Bersamanya, harapan baru Indonesia pun bersemi, setidaknya melihat sejumlah reaksi antusias dari dalam negeri atas prestasi Zohri.

Debut Pelari Pengganti

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help