Pelari Indonesia Juara Dunia

Presiden Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Renovasi Rumah 'Gubuk' Lalu Muhammad Zohri di Lombok

Hal tersebut dilakukan Jokowi, setelah Zohri ‎berprestasi di tingkat dunia dengan menjuarai Kejuaraan Dunia

Presiden Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Renovasi Rumah 'Gubuk' Lalu Muhammad Zohri di Lombok
KOLASE BPOST ONLINE
Lalu Muhammad Zohri dan rumah sederhananya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah meminta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk merenovasi rumah Lalu Muhammad Zohri.

Hal tersebut dilakukan Jokowi, setelah Zohri ‎berprestasi di tingkat dunia dengan menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia.

"Prestasi yang ditorehkan Zohri tentu sangat membanggakan kita semua, bangsa Indonesia. Terlebih lagi kita dapat melihat bagaimana Zohri tidaklah diperhitungkan sama sekali. Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintahkan Menteri PU dan Perumahan Rakyat untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok," kata Jokowi dalam keterangan Biro Pers Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Baca: Jadi Pelari Pengganti, Lalu Muhammad Zohri Malah Jadi Juara Dunia U-20 di Finlandia

Zohri berasal dari keluarga yang sederhana. Rumahnya berada di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

‎‎Sebelumnya, Jokowi menilai prestasi Zohri yang berhasil menang sebagai pelari tercepat di nomor 100 meter, dapat menjadi modal kemenangan Indonesia pada ajang Asian Games 2018.

Baca: Yatim Piatu, Lalu Muhammad Zohri Sang Juara Dunia Lari 100 Meter Ini Hidup di Rumah Berlapis Koran

"Itu nanti modal-modal kemenangan seperti ini, kayak kemarin badminton, itu modal Asian Games 2018, ini nanti lari modal lagi untuk Asian Games," kata Jokowi.

Baca: Wisatawan Masih Nyaman Berwisata di Klungkung karena Jauh dari Zona KRB

Atas prestasi Zohri tersebut, Jokowi mengaku sangat bangga dan senang bahwa ada anak bangsa yang menjadi juara di tingkat dunia‎.

Baca: Usai Juara Dunia, Ini Pesan Khusus Lalu Muhammad Zohri untuk Presiden dan Rakyat Indonesia

"Saya kira tidak saya saja bangga, tapi seluruh rakyat Indonesia tentu senang, bangga," ucap Jokowi.

Zohri yang tidak diunggulkan, membuat kejutan dengan finish di urutan pertama dan mengalahkan Anthony Schwartz dan Eric Harrison dari Amerika Serikat, Thembo Monareng asal Afrika Selatan, dan Dominic Ashwell dari Inggris.

Zohri berhasil mencatatkan waktu 10,18 detik.

Catatan waktu Zohri ini juga memecahkan rekor nasional junior 100 meter putra yang tercatat atas namanya sendiri 10,25 detik dan mendekati rekornas senior 10,19 detik atas nama sprinter Suryo Agung Wibowo.

Zohri sendiri dalam video yang diperoleh dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, menyampaikan terima kasih atas dukungan Presiden.

"Terima kasih atas doa Bapak Presiden dan seluruh rakyat Indonesia," ucap Zohri.

Editor: Didik Trio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved