Hobi Burung Hingga Untung Jutaan Rupiah

Burung Love Bird Juga Dites DNA Lho, Ini Penjelasannya

Varietas unggul keturunan indukan burung yang baik dan jagoan bisa dites dengan menggunakan metode test DNA.

Burung Love Bird Juga Dites DNA Lho, Ini Penjelasannya
istimewa
Dokumen Tes DNA Burung Love Bird 

BANJARMASIN POST.CO.ID-BANJARMASIN - Ada yang menarik untuk perkembangan pemeliharaan burung selama ini. Sebab bukan hanya manusia, akan tetapi varietas unggul keturunan indukan yang baik dan jagoan bisa dites dengan menggunakan metode test (Deoxyribo Nuceic Acid) atau yang disebut test DNA.

Namun bukan hanya keturunan saja, tapi kebanyakan orang masih makai test DNA burung ini sementara ini masih untuk penentuan jenis kalamin burung apakah perempuan atau lakilaki.

Test DNA sexing untuk burung ini ramai sudah di pulau Jawa namun masing belum di Kalimantan Selatan. Sementara ini pengembangbiak di Kalsel masih menggunakan manual, semisal ciri pipit burung, dan ciri ciri khas lainnya.

Baca: Wow, Satu Burung Dijual Seharga Mobil Mewah

"Kalau saya di Kalimantan Selatan ini untuk menentukan cewek dan cowok yakni dari postur tubuh melalui ciri sumpit dan birahi. Memang love bird ini jenis burung paling sulit dicirikan dan hampir sama baik cewek atau cowok sehingga wajar jika ada orang yang melakukan tes DNA untuk burung jenis love bird. Tapi jujur saya masih belum menggunakannya, " kata pembudidaya atau peternak Love Bird Budi Setiawan (25), warga Jalan A Yani Kilomter 7, Kompleks Tatah Mahligai, RT 1 RW 2 Kertakhayar Kabupaten Banjar kepada Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (14/7/2018).

Baca: Wah, Dari Ternak Love Bird Bisa Raup Rp 5 juta. Sapi dan Kambing Pun Dijual

Namun diceritakannya bahwa tes DNA sexing pernah dilakukan kasannya. "Kawan pernah melakukan tes DNA burung dikirim ke Jawa. Yang dikirim bulunya empat sampai enam helai bulu yang diambil dari ekor bagian dalam. Nanti hasilnya berupa sertifikat ada hasil yang menujukkan male atau female," urainya.

Dikatakan dia msski dia selama ini tidak menggunakan jasa tes DNA sexing tersebut tapi masih bisa membedakan." Ya cuma kalau tes DNA akurasinya tinggi 99 persen. Kalau tarifnya sekali test bisa Rp 300 ribu sekali tes. Memang mahal tapi akurat, " kata Budi Setiawan.

Baca: Karena Burung Perkutut Miliknya, Sutrisno Bisa Kuliahkan Tiga Anaknya

Hal test DNA ini juga belum dilakukan oleh Bejo (38) untuk menganalisa burung Murainya. "Wah belum pernah. Tapi mendengar saja kalau ada test DNA," kata pria yang punya burung Murai seharga sebuah mobil tersebut.

Juga senada diutarakan Sutrisno pemelihara burung perkutut di Jalan Golf Banjarbaru, sebab sejauh ini digunakan adalah ciri bentuk fisik. "Kita akui membedakan cewek dan cowok masih menggunakan ciri fisik, namun kadang ya ada perkutut yang sudah dibedakan cewek dan cowok. Tapi paling sulit lagi ya burung jeniz love bird sebab hampir sama," kata Sutrisno.

Baca: Burung Perkutut Laras Hati Laku Seharga Rp 350 juta, Ini Kata Pemiliknya.

Dikatakan dia, bahwa biasanya untuk tes DNA itu dilakukan untuk jenis burung yang indukan mahal dan punya nama." Itu burung mahal biasanya dites. Sebab test gitu, sama beli harga datu burung perkutut standar anakan, " sebut Sutrisno.
(Banjarmasinpost.co.id /Nurholis Huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help