Berita Hulu Sungai Tengah

Dinkes HST Kerahkan 717 Tenaga Medis, Sukseskan Imunisasi Campak dan Rubela

Pelaksana Harian Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Tengah Syakdillah menjamin keberhasilan pelaksanaan

Dinkes HST Kerahkan 717 Tenaga Medis, Sukseskan Imunisasi Campak dan Rubela
net
Ilustrasi

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pelaksana Harian Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Tengah Syakdillah menjamin keberhasilan pelaksanaan gerakan imunisasi massal Measles (campak) dan Rubela (MR) terhadap anak di Bumi Murakata, dengan catatan didukung semua pihak termasuk para orangtua.

Menurutnya, HST berada pada zona II di Indonesia dimana jadwal pelaksanaan imunisasi selama dua bulan dilaksanakan sejak awal Agustus 2018 mendatang dengan sasaran usia anak sekolah di seluruh sekolah di HST.

Sedangkan pada September bulan berikutnya sasarannya adalah balita di posyandu.

Baca: Ini Tata Cara Salat Sunnah Safar Bagi yang Hendak Pergi Haji, Umrah, Perjalanan Jauh Lainnya

"Cakupan sasaran se HST sebanyak 69.775. Kami menargetkan 95 persen sasaran akan terimunisasi, harapannya tercapai 100 persen," katanya.

Syakdillah pun mengingatkan agar para orang tua di HST membawa anaknya ke pos imunisasi terdekat di lingkungan tempat tinggal masing-masing yang berjumlah 955 buah pos imunisasi MR se HST.

Dijelaskan, bahaya penyakit campak menyebabkan radang paru dan otak, kebutaan serta diare dan gizi buruk.

Baca: Tuan Guru Bajang dan Mahfud MD Punya Plus Minus Jika Jadi Cawapres, Ini Penjelasan IPI

Sedangkan akibat penyakit Rubela ternyata tidak kalah parah apabila menyerang bayi atau anak. Bayi atau anak dapat menderita kelainan jantung, kelainan mata, tuli, keterlambatan perkembangan dan kerusakan jaringan otak.

Menurut Sakdillah Dinkes HST sudah sudah siap untuk melaksanakan imunisasi massal MR dengan menerjunkan 717 tenaga medis dan paramedis terlatih.

"Kami telah melaksanakan rapat sosialisasi dan koordinasi dalam rangka kampanye pentingnya imunisasi MR pada tingkat seluruh kecamatan dan kabupaten" tambahnya.

Baca: Postingan Instagram Via Vallen ini Ungkap Lelaki Spesialnya

Plt Bupati HST H A Chairansyah mengingatkan agar semua stakeholder terkait dapat bersinergi mendukung penuh keberhasilan pelaksanaan program imunisasi MR oleh jajaran Dinkes.

"Tidak hanya perlu kerja keras oleh jajaran Dinkes HST, tapi juga kerjasama yang baik dan dukungan agar cakupan target imunisasi MR dapat tinggi dan merata" ujar Chairansyah.

Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved