Teh Susu di warung Kopi Ini Dicampur Telur Ayam Kampung

Pihaknya meracik sendiri kopinya menggunakan alat khusus dari Sumatera. Di antara semua jenis kopi ini, paling laku adalah kopi Sidikalang.

Teh Susu di warung Kopi Ini Dicampur  Telur Ayam  Kampung
banjarmasin post group
Inilah antara lain menu istimewa di Warkop Simalem. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kopi adalah minuman beraroma khas yang memiliki penggemar tersendiri. Biasanya, penggemarnya menyukai kopi karena aromanya juga rasanya yang khas.

Di Kalimantan Selatan (Kalsel), banyak tempat yang menjual kopi. Masing-masing memiliki ciri khas, namun masih jarang yang menjual kopi khas Sumatera seperti Kopi Sidikalang dari Sumatera Utara, kopi Kok Tong dari Siantar, Kopi Salam dari Lampung, dan Kopi Gayo dari Aceh.

Di Kalsel, tempat makan yang menjual ragam kopi Sumatera ini adalah Warkop Simalem di Jalan Ahmad Yani Km 7,6, Kabupaten Banjar di samping Kompleks Citraland.

Menurut engelolanya, Nico Kembaren, warung kopinya mulai beroperasi sejak Februari 2018 lalu. Kopi didatangkan langsung dari Sumatera dan sudah berupa bubuk.

Pihaknya meracik sendiri kopinya menggunakan alat khusus yang juga didatangkan dari Sumatera. Di antara semua jenis kopi ini, paling laku adalah kopi Sidikalang.

Kopi Sidikalang paling laku karena memiliki rasa yang tak terlalu tajam juga tak terlalu lembut jika dibandingkan dengan kopi Gayo, kopi kok tong dan kopi Lampung.

“Rasanya di tengah-tengah, sehingga banyak disukai para pecinta kopi. Kalau yang rasanya kuat, biasanya akan membuat kepala sakit,” jelasnya, Kamis (12/07/2018).

Pihaknya juga menjual minuman khas Siantar, Sumatera Utara bernama badak susu. Ini adalah minuman campuran sarsaparilla (sejenis minuman bekarbonasi) dan susu kental manis. Ini katanya adalah khas Sumatera Utara yang sangat terkenal di sana.

“Orang Sumatera Utara sangat suka ini. Dituang ke gelas yang sudah diberi susu dan es batu. Ini enaknya diminum dingin,” ujarnya.

Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi, Minggu (15/07/2018).

www.banjarmasinpost.co.id/yayu fathilal

Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help