Bumi Sanggam

Balangan Kompeten Gelar Kursus dan Pelatihan Gratis Bagi Masyarakat, Ini Tujuannya

Dalam rangka mempercepat pembangunan SDM di Kabupaten Balangan, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui kemampuan

Balangan Kompeten Gelar Kursus dan Pelatihan Gratis Bagi Masyarakat, Ini Tujuannya
istimewa
pembukaan kegiatan kursus dan pelatihan gratis oleh pemerintah melalui program balangan kompeten 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dalam rangka mempercepat pembangunan SDM di Kabupaten Balangan, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui kemampuan keterampilan kerja, pemerintah menggelar kursus dan pelatihan kerja gratis bagi warga Balangan melalui Program Balangan Kompeten.

Bertempat di Aula Mayang Maurai Kompleks Garuda Maharam, program ini diikuti sebanyak 502 orang yang merupakan angkatan pertama.

Ketua Program Balangan Kompeten, Slametno mengatakan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum ikut program ini.

Yaitu berdomisili dan KTP Balangan, pendidikan minimal bisa baca dan maksimal SMA/sederajat, khusus untuk program asisten bidan dan asisten perawat pendidikan minimal SMA/sederajat, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal maupun sedang kuliah.

Lebih lanjut disebutkannya, dari 502 peserta itu ada 11 jenis kursus dan pelatihan yang diberikan yaitu komputer, mengemudi, menjahit, otomotif, seni musik, seni photografi, seni tata rias, tata boga, asisten bidan, asisten perawat, dan bahasa inggris.

"Pelaksanaan kursus dan pelatihan ini masing-masing digelar dilembaga kursus yang ada di delapan kecamatan," ujarnya.

Selain 502 peserta angkatan pertama ini, pada bulan Agustus nanti akan ada lagi 200 peserta yang mengikuti kursus dan pelatihan ini secara gratis.

Namun sebelum itu, pada tanggal 20-21 Juli Balangan Kompeten bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Koperasi Indonesia melakukan uji kompetensi sertifikasi profesi internasional skema kewirausahaan sebanyak 300 orang secara gratis.

Bupati Balangan H Ansharuddin mengatakan, program ini sesuai dengan visi misi pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM Balangan melalui pelatihan kerja.

"Saya siap menandatangani sertifikasi hasil pelatihan, dan menyiapkan anggaran untuk keberlanjutan program ini," pungkasnya. (*/aol)

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help