Berita Hulu Sungai Selatan

Titik Api Mulai Muncul di Sebagian Wilayah HSS, Warga Mulai Resah

Wilayah Nagara yang meliputi tiga kecamatan Daha Selatan, Daha Barat dan Daha Utara mulai ada beberapa titik sumber api.

Titik Api Mulai Muncul di Sebagian Wilayah HSS, Warga Mulai Resah
Istimewa
Titik api akibat musim panas mulai muncul di Tiga kecamatan Daha Selatan, Daha Barat dan Daha Utara, Minggu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mulai terjadi. Sumber titik api pada satu pekan terakhir ini mulai meresahkan warga.

Wilayah Nagara yang meliputi tiga kecamatan Daha Selatan, Daha Barat dan Daha Utara mulai terlihat di beberapa titik sumber api.

Lokasi terbakarnya merupakan semak belukar dan beruntung masih jauh dari kawasan pemukiman penduduk. Namun, kondisi itu tetap menjadi warga kuatir dan was-was bila karhutla bisa menjalar hingga ke pemukiman penduduk.

Baca: Laga Martapura FC vs Madura FC Liga 2 2018, Ini Susunan Pemain Martapura FC, Qischil Main!

"Kebakaran lahan sudah mulai terjadi di wilayah Negara. Yang terbakar semak-semak kering," kata Warga Nagara, Udin, Minggu, (15/7).

Meski masih jauh dari pemukiman warga, pihaknya tetap kuatir kalau api nantinya akan meluas hingga ke wilayah pemukiman warga.

Baca: LIVE TRANS 7! Link Live Streaming MotoGP Jerman 2018 di Sirkuit Sachsenring via Streaming Trans7

Untuk itu, dirinya berharap pihak terkait bisa menangani sejumlah titik api yang terjadi di wilayah Nagara. Sehingga tidak meluas ke area pemukiman warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kesatuan Bangsa dan Politik (BPB Kesbangpol HSS) Efran mengatakan bahwa timnya selalu monitoring dan stand by di posko dan di lapangan untuk antisipasi Karhutla.

"Untuk titik api di wilayah HSS sudah mulai ada. Pada pekan terakhir ini sudah ada tujuh titik api. Namun sudah berhasil dipadamkan," katanya.

Pihaknya terus menghimbau kepada semua pihak terkait untuk terus waspada dan mencegah terhadap sumber api dan karhutla di wilayah HSS.

"Perlu kerja sama semua pihak untuk ikut mencegah Karhutla di HSS. Sehingga meminimalisir terjadinya Karhutla," lanjutnya.

Masyarakat HSS yang mengetahui adanya sumber api bisa segera melaporkan kepihak Kesbangpol HSS sehingga sumber api bisa segera ditanggulangi dan dipadamkan. Agar tidak sampai meluas lokasi sumber api (Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help