Berita Kotabaru

Waduh, Drainase di Jalan Nasional di Kotabaru Ini 30 Tahun Dibiarkan Buntu, Simak Videonya

Oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) Kotabaru jalan setrategis nasional menjadi kewenangan pemerintah provinsi

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Genangan air sering menggenang di beberapa titik ruas jalan raya Stagen, sekaligus faktor penyebab kerusakan badan jalan akhirnya bisa diminimalisasi.

Oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) Kotabaru jalan setrategis nasional menjadi kewenangan pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel, dibuatkan saluran drainase.

Selain satu titik di kawasan persimpangan TBBM PT Pertamina hanya dinormalisasi. Karena tidak pernah dilakukan pemeliharaan hingga mengakibatkan saluran drainase dan gorong-gorong di wilayah itu buntu.

Baca: Mau Nonton LIVE STREAMING Final Piala Dunia 2018 Perancis vs Kroasia, Klik Link Ini di Ponsel

Tingginya sedimentasi selain menimbun drainase, namun juga menutup gorong-gorong pembuangan air. Untuk menormalisasi diperlukan waktu lebih lima jam.

Bahkan petugas tergabung dari tim personel TBBM Kotabaru Group PT Pertamina (Persero), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) harus berjibaku dalam kubangan lumpur akibat sedimentasi.

Baca: Analisa Laga Perancis vs Kroasia Piala Dunia 2018 LIVE Trans TV Trans7, Pembunuh Perancis!

"Setelah berjam-jam akhirnya tembus juga. Airnya sudah ada pergerakan," ujar Operation Head TBBM Kotabaru Group Said Mansyur kepada banjarmasinpost.co.id.

Menurut Mansyur, memperkirakan kembali berfungsinya drainase dan gorong-gorong banjir tidak lagi menggenangi jalan.

"Saya dan personel dari PT Pertamina ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, selain membantu pemerintah daerah juga karena masih dekat area Pertamina. Apapun pekerjaan bila dikerjakan sama-sama (tim) akan cepat selesai," jelas Mansyur.

Sementara salah seorang tokoh masyarakat, H Kusuma yang ikut andil dalam kegiatan, berharap setelah kegiatan ini harus ada tindak lanjut dari pemprov Kalsel.

Baca: LIVE Trans TV & Trans7 Perancis vs Kroasia Piala Dunia 2018, Duel 2 Murid Mantan Pelatih Kroasia

Diakui Kusuma, perlu ada tindak lanjut pemprov Kalsel. Karena statusnya jalan setrategis nasional sehingga menjadi kewenangan pemprov Kalsel.

"Kabupaten hanya membantu penanganan awal. Selanjutnya harus pemprov Kalsel. Kalau tidak segera ditindak lanjuti dengan membuat siring beton, bisa buntu lagi," kata Kusuma.

Baca: Head to Head & Prediksi Skor Prancis vs Kroasia Final Piala Dunia 2018 Live TransTV, Modric Main

Apalagi sambung Kusuma, diketahui upaya menormalisasi kembali drainase dan gorong-gorong cukup menyita waktu petugas gabungan saat melaksanakan pekerjaan.

"Bayangkan selama 30 tahun tidak pernah dilakukan pemeliharaan. Dan kita berterima kasih juga dengan warga yang tanah dibuat saluran drainase," katanya diamini beberapa petugas dan warga setempat, kemarin.

(Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help