Berita Banjar

Baru Satu Partai yang Mendaftarkan Caleg, Ini Kendala yang Dihadapi Versi KPU Banjar

Di KPU Banjar ternyata baru PPP yang mendaftarkan Bakal Caleg DPRD Banjar untuk mengikuti Pileg pada 17 April 2019 mendatang.

Baru Satu Partai yang Mendaftarkan Caleg, Ini Kendala yang Dihadapi Versi KPU Banjar
banjarmasin post group/ hasby suhaily
Ketua KPU Banjar Muhaimin (kiri) dan Anggota KPU Banjar M Zain. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN — Hingga Pukul 10.00 Wita, Senin (16/7/2018), di KPU Banjar  ternyata baru PPP yang mendaftarkan Bakal Caleg DPRD Banjar untuk mengikuti Pileg pada 17 April 2019 mendatang.

Partai lainnya yang sudah memastikan diri menyerahkan ke KPU Banjar pada Senin ini ada Partai Golkar, Partai Garuda, PDIP dan PKB.

“Tapi kami masih menunggu pendaftaran, terakhir pukul 00.00 wita pada Selasa (17/7),” kata Ketua KPU Banjar, Muhaimin.

Dia mengatakan, partai politik yang masih banyak belum menyerahkan syarat pendaftaran Pileg ada pada masalah teknis internal partai, karena ada yang harus menunggu koordinasi pengurus partainya di provinsi. Ada pula kendala dalam penetapan 30 persen caleg keterwakilan perempuan.

Baca: Jadwal Penerimaan CPNS Dilakukan Akhir Juli 2018, Ini Situs Resmi Informasi & Pendaftarannya

Faktor lainnya sistem pencalonan sekarang online, kemungkinan bisa saja terganggu jaringan hingga menunggu beberapa waktu. Partai di Kabupaten Banjar yang ikut Pileg 2018 ada 16 partai.

Disebutkannya, PKB, Gerindra, PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Garuda, Partai Berkarya, PKS, Partai Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Partai Demokrat dan Partai Bulan Bintang.

Baca: Prioritaskan Dua Kategori Pelamar Saat Penerimaan CPNS 2018, Ini Penjelasan Pemerintah

Terkait kepengurusan ganda dalam tubuh Partai Berkarya, ditegaskan Muhaimin tidak ada masalah khususnya di Kabupaten Banjar. Pihaknya terus bekoordinasi dengan KPU Provinsi.

Divisi Teknis KPU Kabupaten Banjar, M Zain menambahkan, bacaleg menyerahkan model B berupa surat pencalonan, B1 daftar bakal calon, B2 surat pernyataan pimpinan partai politik yang telah melaksanakan seleksi secara demokratis, B3 berupa fakta integritas yang ditandatangani ketua dan sekretaris sesuai tinggkatannya, lampiran-lampiran seperti SK pengurus yang sah, ADART partai.

Baca: Ingin Tahu Ramalan Zodiak untuk Senin 16 Juli 2018, Ini Penjelasannya

“Pengumpulan syarat pendaftaran di detik-detik akhir tentu mempengaruhi, karena kami melakukan verifikasi dengan waktu yang mepet yakni 18 Juli 2018, dan silon harus bisa diterima karena satu kali pengajuan saja, bayangkan dari 45 calon dikalikan 16 maka menumpuk berkas,” jelasnya.

Baca: Jokowi Ditegur Warga Saat ke Sleman, Justru Ini yang Terjadi

Oleh sebab itulah pihaknya akan bekerja ektra keras, namun alangkah bagusnya pengumpulan berkas syarat sejak dibuka 4 Juli lalu. Namun hingga H minus satu penutupan pendaftaran di KPU Banjar baru satu partai politik pukul 10.00 wita. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved