Berita Banjar

Keren! Mahasiswa ULM Bisa Buat Filter Air Gambut Berbahan Arang Batok Kelapa

Kesulitan air dirasakan masyarakat Desa Tambak Sirang Darat, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar saat musim kemarau.

Keren! Mahasiswa ULM Bisa Buat Filter Air Gambut Berbahan Arang Batok Kelapa
istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kesulitan air dirasakan masyarakat Desa Tambak Sirang Darat, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar saat musim kemarau. Kalaupun berair, maka air yang ada memiliki aroma kurang sedap karena pengaruh sifat kimia lahan gambut di sana.

Namun ketika musim hujan datang, maka air akan berlimpah menggenangi lahan gambut yang tersebar hampir di seluruh wilayah. Meskipun begitu, masyarakat tidak dapat selalu menggunakan air tersebut karena kualitasnya yang belum memenuhi standar Baku Mutu air bersih.

Baca: Jadwal Penerimaan CPNS Dilakukan Akhir Juli 2018, Ini Situs Resmi Informasi & Pendaftarannya

Mahasiswa ULM memiliki inisiatif kegiatan pembuatan Pengolahan air melalui kegitan PKMM Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Filtrasi Air Gambut Menggunakan Water Treatment Untuk Pengolahan Air Bersih Di Lahan Basah Desa Tambak Sirang Darat.

Baca: Jokowi Ditegur Warga Saat ke Sleman, Justru Ini yang Terjadi

Nila Cahya, Nur Fauza, Rizki Faisal Tanjung, Gusti Aida Fasha, Anjar Pribadi dengan dosen pembimbing Muhammad Ashar Karim melakukannya. PKMM ini lolos dan didanai oleh Kemenristekdikti pada 2018.

Baca: Ingin Tahu Ramalan Zodiak untuk Senin 16 Juli 2018, Ini Penjelasannya

"Sebelum dan setelah kegiatan diperlukan pengujian air gambut untuk mendapatkan hasil uji secara fisika, kimia, dan biologi. Selanjutnya hasil uji ini digunakan sebagai dasar pemilihan bahan yang akan digunakan dalam water treatment. Filter yang digunakan juga yang mudah didapatkan seperti arang batok kelapa, kemudian Alat-alat itu dirangkai berdasarkan model yang telah didesain, " ucap dosen pembimbing Muhammad Ashar Karim.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help