Saraba Kawa

Modal Dasar Jadi Seorang Pemimpin, SMKN 1 Murung Pudak Gelar Pendidikan Karakter

Dalam PKBN yang dilaksanankan selama sebulan, siswa akan diberikan pelatihan berupa pendidikan kebangsaan melalui Pendidikan

Modal Dasar Jadi Seorang Pemimpin, SMKN 1 Murung Pudak Gelar Pendidikan Karakter
diskominfo tabalong
Siswa berfoto bersama kepala sekolah, perwakilan pemkab tabalong, polres tabalong dan kodim 1008 Tanjung. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG- Siswa SMKN 1 Murung Pudak mengikuti Pendidikan Karakter Bela Negara (PKBN) di Tanjung Expo Center, Senin (16/7/2018).

Dalam PKBN yang dilaksanankan selama sebulan, siswa akan diberikan pelatihan berupa pendidikan kebangsaan melalui Pendidikan Baris Berbaris (PBB) dari TNI dan Polri serta pendidikan keagamaan dari Pondok Pesantren ulumul Quran.

Menurut, Kepala Sekolah SMKN 1 Murung Pudak, Syam Indra Permana, PKBN merupakan program yang menggatikan kegiatan Orientasi Siswa yang biasanya sering dilakukan setiap tahunnya.

“Karena selama beberapa tahun terkahir kami melihat bahwa pendidikan mos selama tiga hari tidak cukup untuk memberikan pendidikan karakter, hanya cukup pengenalam sekolah saja” kata Syam.

Melalui PKBN, para siswa akan siap secara karakter dan lebih disiplin baik secara kepribadiaan sehingga bisa menyerapkan ilmu pelajaran secara lebih baik.

Terlebih, saat ini kondisi lingkungan yang berefek negatif sangat mudah mempengaruhi anak-anak.

Pengalungan kepada peserta oleh asisten Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Tabalong, Zulfan Noor.
Pengalungan kepada peserta oleh asisten Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Tabalong, Zulfan Noor. (diskominfo tabalong)

“Kita menyiapkan wadahnya dulu, sebelum kita isi, kita mengharapkan siswa bisa menjadi lebih disiplin dan jujur terhadap dirinya sendiri, ” tegas Syam.

Kedepannya, SMKN 1 Murung Pudak akan menerapkan pembelajaran dengan sistem one book one student sehingga siswa tidak diharuskan untuk mencatat dan pembelajarannya akan lebih cepat dan efisien.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Tabalong, Zulfan Noor menyambut baik dengan adanya PKBN ini.

Soalnya, pendidikan karakter tidak bisa dibentuk secara singkat harus memakan waktu yang cukup lama.

“Karena karakter ini adalah modal dasar untuk menjadikan pemimpin, terlebih nantinya generasi ini dihadapkan dengan kemajuan teknologi sehingga perlu kesiapan karakter untuk bisa memanfaatkannya, ” pungkas Zulfan.
(*/dny)

Penulis: Dony Usman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved