Berita Hulu Sungai Utara

Perpustakaan Desa Palimbangan Makin Berkembang, Anak-anak Nyaman saat Baca Buku

Di Desa Palimbangan Kecamatan Haur Gading, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berupaya agar anak anak dalam berbagai usia memiliki buku

Perpustakaan Desa Palimbangan Makin Berkembang, Anak-anak Nyaman saat Baca Buku
reni kurnia wati
Suasana perpustakaan di Di Desa Palimbangan Kecamatan Haur Gading, Kabupaten Hulu Sungai Utara 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Gemar membaca buku memang baiknya ditanamkan sejak dini, selain dimulai dari keluarga juga memerlukan lingkungan yang mendukung agar anak anak dapat hobi membaca buku.

Di Desa Palimbangan Kecamatan Haur Gading, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berupaya agar anak anak dalam berbagai usia memiliki buku bacaan yang tepat sesuai usia. Dengan cara menyediakan perpustakaan desa yang dikelola oleh pihak desa.

Perpustakaan As Syifa merupakan perpustakaan desa yang dibangun sejak tahun 2008 dan saat ini telah memiliki banyak koleksi buku.

Baca: Dihadiahi 100 Juta Oleh Hotman Paris, Tak Disangka Jawaban Lalu Muhammad Zohri

Risna Hindiani yang merupakan penjaga perpustakaan mengatakan koleksi buku bervariasi mulai dari buku anak anak hingga remaja. Jenis buku juga beragam dari buku pelajaran hingga novel dan buku bergambar.

Risna menambahkan perpustakaan As Syifa buka setiap hari kerja sejak pukul 13.00 hingga pukul 17.00 Wita.

Pengunjung paling banyak adalah anak sekolah dasar, bukan hanya meminjam buku namun juga menyediakan fasilitas agar pengunjung juga tetap bisa merasa nyaman membaca di perpustakaan.

Baca: Kick Off! Link Live Streaming TV One Borneo FC vs Barito Putera via Streaming TVOne

Pada pagi hari ruang perpustakaan dimanfaatkan untuk ruang sekolah Taman Kanak kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Untuk meningkatkan minat baca anak pengelola perpustakaan juga memberikan motivasi dengan menyiapkan hadiah bagi peserta perpustakaan yang aktif meminjam buku dan mengembalikan temat waktu.

Setiap tiga bulan disediakan hadiah untuk anak yang telah rutin meminjam buku duperpustakaan.

“Hadiahnya kami berikan setelah dilakukan penilaian, dengan cara ini diharapkan minat baca anak meningkat, hadiah berupa peralatan sekolah,” ujarnya.

Hingga saat ini jumlah anggota perpustakaan berjumlah 460 orang bukan hanya dari Desa Palimbangan namun juga beberapa desa sekitar seperti Desa Palimbang Gusti, Bayur, Lok Suga dan Palimbang Sari.

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help