Berita Tabalong

Prosesi 'Sedekah Bumi', Setelah Diarak, Isi Jembulan Pun Diperebutkan

Mengiringi jembulan yang dibawa menggunakan mobil ini juga terlihat mobil dengan hiasan yang didominasi hasil pertanian.

Prosesi 'Sedekah Bumi', Setelah Diarak, Isi Jembulan Pun Diperebutkan
dony usman
Berbagai jenis sayuran dan buah yang tersusun rapi berbentuk gunung atau disebut jembulan secara khusus diarak mengelilingi Dusun Tohe Desa Uwie Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Senin (16/7/2018) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Berbagai jenis sayuran dan buah yang tersusun rapi berbentuk gunung atau disebut jembulan secara khusus diarak mengelilingi Dusun Tohe Desa Uwie Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Senin (16/7/2018) siang.

Mengiringi jembulan yang dibawa menggunakan mobil ini juga terlihat mobil dengan hiasan yang didominasi hasil pertanian.

Bukan hanya itu saja beberapa warga baik anak-anak, pria dan wanita juga ikut berjalan kaki dengan menggunakan kostum yang tak kalah menarik.

Baca: Link Live Streaming Indosiar Persib vs Persela Liga 1 2018 Malam Ini Pukul 18.30 WIB

Iring-iringan jembulan yang dijaga beberapa pria mengenakan surjan dan blankon ini tak hanya sekadar melintasi jalan desa.

Tetapi yang membuatnya menarik, petugas yang mengawal jembulan juga menyinggahi setiap rumah untuk mengambil hasil panen atau makanan yang disumbangkan setiap warga.

Semua sumbangan warga itu dimasukan ke dalam jembulan untuk selanjutnya di bawa ke lapangan yang menjadi tempat terakhir arak-arakan.

Baca: Live Indosiar! Live Streaming Persib Bandung vs Persela Lamongan Liga 1 via Streaming Indosiar

Di lapangan inilah isi jembulan kemudian diperebutkan warga setelah sebelumnya secara simbolis diserahkan ke tokoh masyarakat.

Semua prosesi itu merupakan rangkaian dari acara Sedekah Bumi yang digelar warga Dusun Tohe, sebagai wujud rasa syukur terhadap hasil panen dan jug untuk menjaga silaturahmi.

Meski dilangsungkan dengan kemasan yang sederhana, tradisi Sedekah Bumi menjadi pesta tersendiri bagi warga Dusun Tohe.

Baca: Capres-Cawapres Pilpres 2019, Disodorkan 3 Nama Cawapres, Jokowi Masuk, Masuk

Matahari yang cukup terik nampak tak bisa mengalahkan semangat mereka agar bisa menyaksikan dan turut ambil bagian dalam rangkaian kegiatan.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help