Berita Balangan

Ansharuddin Berharap Tahun Ini Bendung Pitap Bisa Dioperasionalkan

Penyelesaian bendung pitap yang berlokasi di Desa Nungka Kecamatan Awayan, Balangan terus dilakukan.

Ansharuddin Berharap Tahun Ini Bendung Pitap Bisa Dioperasionalkan
istimewa via BANJARMASINPOST.co.id/elhami
Kondisi bendungan Pitap akibat tergerus longsor, Jumat (1/12/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Penyelesaian bendung pitap yang berlokasi di Desa Nungka Kecamatan Awayan, Balangan terus dilakukan.

Namun beberapa kendala masih dihadapi oleh pemerintah, terutama pembebasan lahan, masih ada beberapa orang yang tidak mau dibebaskan lahannya karena soal harga.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, menurutnya, kemarin sudah melakukan pertemuan dengan pihak balai sungai.

Baca: Mekanisme Penerimaan dan Pendaftaran CPNS 2018 Via sscn.bkn.go.id, Berikut Bocorannya

"Kalau tidak salah ada tiga orang lagi yang belum mau membebaskan lahannya, tapi segera kita selesaikan secepatnya, karena kalau sudah selesai rencana ditahun ini juga akan dioperasionalkan," ujarnya.

Baca: Jadi Juara Dunia, Banyak Wanita Ngaku Sebagai Pacar Bahkan Tunangan Zohri, Inilah Mereka

Lebih lanjut menurutnya, jika bendung pitap ini sudah beroperasi maka sekitar 5000 hektar lahan di Kabupaten Balangan bisa teraliri, sehingga yang sebelumnya hanya bisa tanam satu kali maka akan bisa tanam dua kali.

"Informasi yang saya terima sekitar bulan Oktober nanti sudah mulai bisa dioperasionalkan, saat ini masih merampungkan saluran tersesiernya saja lagi," katanya.

Baca: Gerhana Bulan Total Super Blood Moon 28 Juli 2018 Nanti, Ini Dampaknya Buatmu Berdasarkan Zodiak

Diketahui proyek pembangunan Bendung Pitap murni dilaksanakan oleh Kementerian PU pusat dan direncanakan dapat mengairi daerah irigasi Pitap seluas ± 4000 hektare yang mencakup daerah Paringin seluas 1.073,45 hektare, Putat Basiun Kecamatan Awayan seluas 1.027 hektare, Lok Batung Kecamatan Batumandi seluas 577,25 hektare, Sikontan, Baramban, Purun dan Badalungga di Kecamatan Paringin Selatan seluas 410,8 hektare.

Baca: Benarkah Cawapres Jokowi dari Nonpartai? Ini Penjelasan dari Petinggi Partai Terkait Pilpres 2019

Bendung ini terletak disebelah kanan dan kiri sungai Pitap, dimana dengan adanya bendung ini akan banyak manfaat yang didapat terutama untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. 

(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved