B Focus Economic

Aplikasi Digital Ampuh Genjot Okupansi Hotel, Benefitnya Pun Banyak

Masifnya revolusi digital sudah menyentuh hampir semua aspek, termasuk di sisi perekonomian dan di dalamnya juga industri perhotelan.

Aplikasi Digital Ampuh Genjot Okupansi Hotel, Benefitnya Pun Banyak
BPost Cetak

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Masifnya revolusi digital sudah menyentuh hampir semua aspek, termasuk di sisi perekonomian dan di dalamnya juga industri perhotelan.

Berubahnya perilaku konsumen yang andalkan akses digital untuk penuhi hampir semua kebutuhannya membuat pelaku industri termasuk perhotelan juga menyesuaikan diri.

Banyaknya aplikasi berbasis digital yang fokus di sektor perhotelan seperti Traveloka, Agoda, Trivago dan seterusnya kini menjadi andalan konsumen menemukan dan memesan kamar di hotel pilihannya.

Mayoritas hotel-hotel di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Banjarmasin khususnya, juga beradaptasi dan bergabung gunakan aplikasi-aplikasi ini sebagai jalur pemasarannya.

Baca: Olla Ramlan, Farhan Hingga Mandra Daftar Caleg di Pemilihan Jawa Barat

Ternyata dari pengakuan beberapa pengelola hotel di Banjarmasin, kerjasama dengan aplikasi berbasis digital ampuh genjot okupansi hotelnya.

Dijelaskan Marketing Communication Manager Best Western Kindai Hotel Banjarmasin, Aldo, saat ini hampir 50 persen tamu di Best Western Kindai Hotel Banjarmasin memesan kamar melalui aplikasi digital.

Beberapa aplikasi yang sudah bekerja sama yaitu Traveloka, Agoda dan Tripadvisor.

Baca: Penjelasan Luna Maya Soal Kesurupan Penonton Film Sabrina yang Dituduh Cuma Gimmick!

"Paling banyak melalui Traveloka, sisanya tamu reservasi melalui telepon atau datang langsung ke hotel," kata Aldo.

Tamu yang manfaatkan aplikasi digital ini mayoritas berasal dari luar Kota Banjarmasin, baik di daerah Kalsel maupun dari Pulau Jawa.

Walaupun ada biaya fee bagi penyedia aplikasi, namun Aldo mengaku cukup terbantu dengan banyaknya promosi-promosi yang menarik bagi calon tamu hotelnya.

Baca: Gigi Hadid Berhijab, Tapi Kok Pakai Stocking Transparan Begini dan Bikin Warganet Komen Seperti Ini

"Promo-promo itu yang membuat dan menyiapkan memang dari penyedia aplikasi, jadi pihak hotel tetap menerima pembayaran di tarif normal," kata Aldo.

Mendaftar sebagai pengguna di berbagai aplikasi ini, konsumen bisa mendapatkan berbagai benefit beragam tergantung masing-masing penyedia aplikasi, di antaranya diskon potongan harga, layanan servis tambahan gratis, voucher, hingga poin loyalti yang bisa ditukarkan berbagai benefit lainnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help