Berita Kotabaru

Berstatus Siaga Karhutla, BPBD Kotabaru Justru Terkendala Alat Ini

Memasuki musim panas BPBD Kotabaru mulai siaga mengantisipasi terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotabaru H Rusian Ahmadi Jaya menyebut, memasuki musim panas pihaknya mulai siaga mengantisipasi terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)

Kesiagaan BPBD karena mulai munculnya hotspot atau titik panas di wilayah Kotabaru yang berpotensi terjadi karhuta, berdasarkan pantauan satelit stasiun meteorologi bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru.

"Kami sudah menerima informasi. Dan, saat ini kami sudah menyatakan siaga," kata Rusian kepada banjarmasinpost.co.id, Selasa (17/7/2018).

Baca: Mekanisme Penerimaan dan Pendaftaran CPNS 2018 Via sscn.bkn.go.id, Berikut Bocorannya

Menurut Rusian, kesiagaan mengatasi karhutla dilakukan BPBD Kotabaru baik personel maupun kendaraan operasional siap diturunkan.

Hanya menjadi permasalahan masih minimnya peralatan untuk mengatasi apabila terjadi karhutla. Terlebih di lokasi sulit dijangkau.

Baca: Ingin Tahu Ramalan Zodiak untuk Selasa 17 Juli 2018, Ini Penjelasannya

"Kami (BPBD) Kotabaru hanya memiliki dua tanki dan dua mesin. Ditambah mesin porteble milik pribadi. Kalau untuk kendaraan operasional sudah bagus," jelasnya.

Masih minimnya peralatan, Rusian menambahkan, ia sudah berkoordinasi dengan BPBD provinsi agar adapenambahan peralatan mesin dari BPBD pusat.

Baca: Benarkah Cawapres Jokowi dari Nonpartai? Ini Penjelasan dari Petinggi Partai Terkait Pilpres 2019

"Masih berkoordinasi, kalau ada dan mesinnya siap baru ke BPBD pusat," tandas Rusian kepada banjarmasinpost.co.id.

(banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help