Berita Banjarmasin

Fokus Sosialisasikan Pasar Modal di Daerah, BEI Gelar Edukasi di Sungaidanau

Setelah digelar di Pelaihari, Kabupaten Tanahaut, Forum Calon Investor kembali diadakan di Sungaidanau Kabupaten Tanahbumbu, Kalsel.

Fokus Sosialisasikan Pasar Modal di Daerah, BEI Gelar Edukasi di Sungaidanau
istimewa
Suasana Forum Calon Investor yang digelar BEI Kalsel dan RHB Sekuritas Banjarmasin di Sungai Danau, Kalsel, Rabu (18/7/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Setelah digelar di Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut, Kalimantan Selatan (Kalsel) beberapa waktu lalu, Forum Calon Investor kembali diadakan di Sungaidanau Kabupaten Tanahbumbu, Kalsel, Rabu (18/7/2018).

Berlokasi di Rumah salah satu Investor saham asal Tanah Bumbu, dr Gede, puluhan peserta dari berbagai kalangan ikuti sosialisasi pasar modal yang digelar Bursa Efek Indonesia (BEI) Kalsel.

Baca: Cara Mengetahui Hasil Utul UGM 2018 Jalur Mandiri, Langsung Saja Klik Situs um.ugm.ac.id/admisi

Dijelaskan Kepala Kantor BEI Kalsel, Yuniar, kegiatan yang menyasar langsung calon investor di daerah-daerah memang menjadi salah satu fokus BEI untuk tingkatkan inklusi keuangan pasar modal sebagai salah satu alternatif investasi tingkatkan perekonomian masyarakat daerah.

Baca: Susunan Pemain & Live Streaming Indosiar Persebaya vs PSMS di Liga 1 2018 Malam Ini

Pada kegiatan Sosialisasi Pasar Modal dengan format Forum Calon Investor Bersama Masyarakat Sungai Danau ini memang merupakan sosialisasi tingkat dasar.

Karena itu materi yang diberikan pun disiapkan untuk perkenalkan pengetahuan dasar terkait pasar modal, mulai dari deskripsi apa itu pasar modal, saham, emiten hingga cara bertransaksinya.

"Kali ini puluhan peserta merupakan masyarakat umum, jadi banyak dari berbagai kalangan yang hadir," kata Yuniar.

Selain itu, Analis RHB Sekuritas Banjarmasin, Sofyan juga memberikan pemahaman lebih lanjut terkait istilah-istilah dalam perdagangan saham dan arti pergerakan saham.

Kondisi-kondisi pasar dimana investor disarankan masuk, menahan aset atau sebaliknya melepas aset juga dijelaskan pada kegiatan kali ini.

Baca: Susunan Pemain & Live Streaming Indosiar Persebaya vs PSMS di Liga 1 2018 Malam Ini

Hingga Bulan Juni 2018, dari data yang Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah single investor identification (SID) di Kalsel mencapai 6.448.

Jumlah ini meningkat sebesar 19,74 persen dibanding Tahun 2017 lalu.

Jumlah SID terbesar masih didominasi di Kota Banjarmasin, dimana hingga Jumat (29/6), SID dari Kota Banjarmasin berjumlah 3.413 atau meningkat 16,84 persen dibanding Tahun 2017.

Kabupaten dengan peningkatan jumlah investor terbesar ada pada Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yakni sebesar 58,18 persen dengan jumlah investor sebanyak 87 SID dengan sub rekening efek aktif. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help