Berita Hulu Sungai Tengah

Warga Awanglandas Gunakan Listrik Tenaga Surya

Puluhan tahun hidup tanpa listrik warga Awanglandas, Desa Sungaibuluh, Kecamatan LabuanamasUtara Hulu Sungai Tengah, desa yang terisolasi.

Warga Awanglandas Gunakan Listrik Tenaga Surya
banjarmasinpost group/ hanani
Penyerahan paket bantuan listrik tenaga surya dari Kementerian ESDM kepada warga Awanglandas, Desa Sungaibuluh, Kecamatan Labuanamas Utara, Hulu Sungai Tengah, yang diserahkan Plt Bupati HST HA Chairansyah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Puluhan tahun hidup tanpa listrik warga Awanglandas, Desa Sungaibuluh, Kecamatan LabuanamasUtara Hulu Sungai Tengah, menjadi salah satu desa yang masih “gelap”dan terisolasi.

Warga yang tinggal di tengah perairan rawa tersebut selama ini hanya menggunakan lampu minyak sebagai penerangan. Mereka pun belum mengalami kemajuan teknologi maupun informasi.

Mengatasi masalah tersebut pemerintah Kabupaten HST mengajukan permohonan bantuan program listrik tenaga surya hemat energy (LTSHE) kepada pemerintah pusat.

Permohonan tersebut direalisasi pemerintah pusat melalui kementeria Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), dengan memberikan paket bantuan  lampu tenaga surya. Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan, Selasa (17/7/2018) ke Desa Awanglandas.   

Baca: Susunan Pemain Mitra Kukar vs Sriwijaya FC Liga 1 2018, Tayang O Channel & Live Streaming Vidio.com

Warga setempat menyambut gembira bantuan listrik tenaga surya tersebut, yang oleh Plt Bupati HST HA Chairansyah diserahkan melalui marbot (kaum) masjid Awang andas dan Kepala SDN 3 Awang Landas. Desa Awang landas, 100 persen bekerja sebagai peternak itik dan nelayan penangkap ikan di perairan rawa setempat.

Mereka hidup dalam keterbatasan, dengan transportasi andalan adalah perahu. Perahu tak hanya sebagai alat transportasi jika ingin keluar dari wilayah tinggal mereka.

Tapi juga sebagai penghubung jika ingin mengunjungi  antarwarga setepat. Ketiadan listrik, membuat warga setempat mengandalkan minyak tanah untuk bahan bakar lampu teplok dan lampu minyak.

“Alhamdulillah, jika sudah ada listrik, paling tidak kami bisa menggunakan telepon genggam karena sudah bisa mengisi baterai charger. Lebih bersyukur lagi, jika rumah sudah bisa terang, tanpa menghidupkan lampu minyak tanah,”,”ungkap Jumiati, warga Awang Landas.

Baca: Susunan Pemain Mitra Kukar vs Sriwijaya FC Liga 1 2018, Tayang O Channel & Live Streaming Vidio.com

Plt Bupati  HA Chairansyah meminta warga setempat memanfaatkan sebaik-baiknya terutama untuk kepentingan belajar anak-anak, kegiatan ibdah di masjid serta kebutuhan lainnya.  Warga juga diingatkan untuk merawat perangkat bantuan, agar bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang.

Dijelaskan, masalah ketersediaan listrik di anak desa Sungaibuluh ini, kata Chairansyah menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten, dan janji bupati dan wakil bupati HST saat kampanye  2015 lalu. Namun penganggarannya melalui APBD HST terkendala aturan, di mana masalah penyedia kelistrikan menjadi wewenang pemerintah pusat dan Pemprov.

“Akhirnya Pemkab HST meminta bantuan Pemerintah pusat melalui Pemrov,  sehingga mendapatkan 91 unit lampu beserta pembangkit tenaga suryanya untuk masyarakat Desa Awang Landas ini,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja  HST, Jamhasari, menambahkan.  

Disebutkan, bantuan listrik tenaga surya merupakan salah satu  program pemerintah pusat agar Indonesia terang benderang.

Sementara, Camat Labuan Amad Utara Anhar menyambut gembira dan apresiasi atas perhatian Pemkab HST, hingga Kementerian ESDM memberikan  bantuan listrik tenaga surya, untuk mengatasi kegelapan di Awang Landas.

"Alhamdulillah warga di sini sebelumnya tidak tersentuh jaringan listrik karena berada di tengah rawa yang menyulitkan PLN memasang tiang peyangga kabel jaringan listriknya,”kata Anhar.Solusi memberikan listrik tenaga surya, menurutnya cara yang tepat, bagi masyarakat setempat sesuai kondisi wilayahnya.  

(banjarmasipost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help