Berita Banjar

Empat Anggota DPRD Banjar dikabarkan Pindah Partai, Harusnya Mundur Sebagai Wakil Rakyat

Empat anggota DPRD Kabupaten Banjar beralih perahu ke partai lain dalam Pemilu Legislatif 2019 mendatang.

Empat Anggota DPRD Banjar dikabarkan Pindah Partai, Harusnya Mundur Sebagai Wakil Rakyat
banjarmasinpost.co.id/hari widodo
Ketua DPRD Banjar H Rusli tepat pukul 10.00 wita telah berada di ruang sidang paripurna. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Empat anggota DPRD Kabupaten Banjar beralih perahu ke partai lain dalam Pemilu Legislatif 2019 mendatang. Maka keanggotaannya sebagai anggota DPRD bakal digantikan secara pengganti antar waktu (PAW).

Keempat wakil rakyat yang pindah partai adalah Kasmili yang sebelumnya di Partai Golkar beralih ke Partai Berkarya, Jihan Hanifa dari PPP beralih ke Gerindra, Derwana Fermei Golles yang sebelumnya menggunakan perahu PKPI beralih ke Nasdem dan Mardani dari PBB ke Nasdem.

Jihan Hanifa seusai keluar dari ruangan Ketua DPRD Banjar, enggan berkomentar. Dirinya langsung berlalu seraya mengatakan nanti saja, Kamis (19/7).

Baca: Link Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri Unair 2018 (Universitas Airlangga) Kamis (19/7), Klik!

Ketua DPRD Banjar, H Rusli mengaku selalu pimpinan dewan menunggu hasil verifikasi dari KPU Banjar terlebih dulu. Dirinya mempersilakan bagi anggota yang pindah partai dalam bacaleg 2019 mengikuti kegiatan-kegiatan kedewanan selama belum ada penetapam DCT dari KPU.

Meski demikian dirinya mengingatkan bagi anggota yang sudah masuk dalam bacaleg 2019 ke partai yang baru kemudian masih mengikuti kegiatan-kegiatan sebagai wakil rakyat, maka bersedia membuat pernyataan bahwa siap mempertanggungjawabkan dalam menggunakan uang negara.

Baca: Klik 2 Link Pengumuman PPMB Unair 2018 (Universitas Airlangga), Kamis (19/7) Pukul 19.00 WIB

“Kalau sudah ada hasil dari KPU maka alangkah eloknya yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri. Jika tidak dari yang bersangkutan, bisa saja partai semula yang mengajukan untuk proses PAW,” katanya, Kamis (19/7).

Dijelaskannya, mengingat KTA diterbitkan oleh partai maka tentunya partai yang mengusulkan proses PAW. Tembusan surat ditujukan kepada pimpinan, sekretariat dan fraksi kemudian selanjutnya untuk ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

Baca: Ujian Sistem CAT Untuk Soal CPNS 2018 Bisa Dipelajari di Situs Ini Loh

Jika ada yang mengundurkan diri, berarti haknya sudah lepas sebagai wakil rakyat. Yang bersangkutan sudah tidak berhak mengikuti perjalanan dinas, tetapi untuk gaji masih berhak hingga terbit SK pemberhentian.

“Harusnya gentlemen saja, kalau sudah pindah partai maka ajukan surat pengunduran diri. Masa aktif masih 10 bulan,” ungkapnya.

Baca: Selain Usir Peserta Audisi Dangdut Tanpa Make Up, Iis Dahlia Juga Pernah Diserang Netizen Karena Ini

Pihaknya sampai saat ini baru menerima pemberitahuan dari Jihan Hanifa yang pindah partai dalam Pileg 2019 mendatang. Sedangkan tiga anggota DPRD Banjar lainnya, H Rusli belum menerima laporan.

Ketua DPC PBB, Gusti Abdurrahman mengatakan, pihaknya sudah memproses pengunduran diri salah seorang kadernya yang duduk di kursi DPRD Banjar. Adalah Mardani yang sekarang di Komisi III.

Baca: Jadwal Lengkap MotoGP Ceko 2018 : Valentino Rossi Buat Para Kru Yamaha Merasa Tertekan

“Iya, atas nama Mardani telah mengundurkan diri dan bacaleg di Partai Nasdem. Yang bersangkutan sudah mengundurkan diri secara tulisan dan sudah kami terima,” katanya.

Pihaknya lagi mempersiapkan berkas-berkas untuk melakukan peralihan antar waktu (PAW). Sudah menyiapkan penggantinya bernama M Faisal.

“Kalau kami sangat menyayangkan,, karena dia kader yang baik. Tetapi kalau yang bersangkutan mau pindah ya itu hak dia, mungkin mau mencoba jadi kader nasionalis,” ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/Hasby Suhaily)

Penulis: Hasby
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help