Berita Banjarmasin

Nama Pengganti Penjabat Tala ada di Kantong Gubernur

Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut, Bambang Alamsyah dan Sukamta akan mengakhiri masa jabatan 5 tahun mereka pada tanggal 24 Juli mendatang.

Nama Pengganti Penjabat Tala ada di Kantong Gubernur
(Foto: Humas Provinsi Kalsel) Lurah dan kades bersalaman dengan gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam halal bi halal di halaman Setdaprov Kalsel di Banjarbaru, Kamis (21/6/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Satu jabatan kepala daerah di Kalsel memasuki masa akhir. Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut, Bambang Alamsyah dan Sukamta akan mengakhiri masa jabatan 5 tahun mereka pada tanggal 24 Juli mendatang.

Sedangkan pelantikan bupati baru dilaksanakan serentak pada akhir tahun mendatang. Dengan begitu maka kembali ada kekosongan pada pimpinan pemerintah daerah. Untuk mengisi kekosongan akan diisi oleh penjabat (Pj) bupati.

Sebagaimana ketentuan, untuk menjadi Pj bupati harus pejabat esselon II dari pemerintah provinsi. Karena itu, Pemprov Kalsel kembali akan membuat usulan nama kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Baca: Lempengan Beton Proyek Duta Mall Jatuh dari Lantai Tiga dan Timpa Rumah, Ini yang Terjadi

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Abdul Haris Makkie, menyebut pihaknya segera membuat usulan kandidat Pj bupati tersebut. Masalah siapa saja nama yang diusulkan, menurutnya sudah ada di kantor Gubernur, Sahbirin Noor.

Ia mengatakan, masih ada waktu untuk membuat usulan. Disinggung apakah usulan tersebut satu atau tiga nama, Haris menyebut menyesuaikan dengan prosedur. "Jika yang disyaratkan tiga maka kita usulkan tiga sesuai prosedur," urainya.

Baca: Geger Warga Gantung Diri, Kasusnya Masih dalam Penyelidikan

Ditanya apakah ada kemungkinan pejabat sebelumnya, yakni Achmad Sofiani dipercaya kembali, Haris mengatakan tergantung persetujuan. Sofiani yang sebelumnya menjadi Pelaksana tugas (Plt) bupati selama 3 bulan bisa saja melanjutkan tugas menjadi Pj.

"Bisa saja yang lama diperpanjang bisa juga nama baru yang menjadi Pj. Kita lihat saja nanti," tegasnya.

Baca: Iis Dahlia Juga Pernah Dibully Karena 4 Kejadian Ini, Sebelum Ramai Video Audisi KDI

Baca: Ujian Sistem CAT Untuk Soal CPNS 2018 Bisa Dipelajari di Situs Ini Loh

Bagi kepala daerah yang habis masa tugas maka diisi oleh Pj sampai pelantikan bupati definitif yang terpilih. Sedangkan kepala daerah yang hanya cuti dan jabatan belum habis, maka hanya diisi oleh Plt.

Saat ini, sudah ada dua daerah yang dipimpim Pj bupati. Yakni Tapin, dipercayakan kepada Gt Syahyar yang sejatinya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kalsel, dan Hulu Sungai Selatan dipercayakan kepada Dahnial Kifli yang aslinya menjabat Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kalsel.

(banjarmasinpost.co.id/nurhalis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help