Berita Hulu Sungai Tengah

Relawan Sibuk Padamkan Api ,Korban Malah Pecahkan Kaca Mobil BPK Rangas Alay

Satu lagi warga Kabupaten Hulu Sungai tengah kehilangan tempat tinggal akibat dihanguskan kobaran api.

Relawan Sibuk Padamkan Api ,Korban Malah Pecahkan Kaca Mobil BPK Rangas Alay
istimewa
Sisa puing rumah Agustian Safari, Warga Rangas Rt 01, Kecamatan Batangalai Selatan, Hulu Sungai tengah yang terbakar Kamis (19/7/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Satu lagi warga Kabupaten Hulu Sungai tengah kehilangan tempat tinggal akibat dihanguskan kobaran api.

Rumah Agustian Safari (25) warga Desa Rangas Rt 01 Kecamatan Batangalai Selatan, ludes terbakar, Kamis (19/7/2018), pukul 10.45 Wita.

Masyarakat setempat menduga, penyebab kebakaran karena ulah korban sendiri, yang diketahui warga menderita gangguan jiwa setelah bercerai dengan istrinya.

Dugaan gangguan jiwa itu dikuatkan dengan prilaku korban, yang saat relawan pemadam kebakaran dari BPK Rangas Alay sibuk memadamkan api, dia malah mengamuk degan memecahkan kaca mobil bagian depan mobil BPK tersebut.

Baca: Tiga Anggota Geng Mewah, Primus, Tommy Kurniawan, dan Sahrul Gunawan Bertarung di Dapil Ini

Warga yang menyaksikan sempat geram melihat hal tersebut, nyaris memukulnya.

Beruntung, cepat diamankan oleh anggota Polsek Batangalai Selatan, yang saat itu ada di lokasi.

Informasi yang dihimpun BPost, dugaan korban sendiri yang menjadi penyebab kebakaran, juga didukung postingan korban di akun media sosialnya, yang mengisyaratkan akan terjadi sesuatu, serta kekecewaan terhadap mantan istrinya.

Baca: Selain Usir Peserta Audisi Dangdut Tanpa Make Up, Iis Dahlia Juga Pernah Diserang Netizen Karena Ini

”Sebenarnya juga sudah pernah terjadi percobaan pembakaran di rumahnya itu, tapi keburu ketahuan dan bisa dicegah,” ungkap salah satu warga Rangas.

Untuk kejadian hari ini, diketahui warga setempat ketika api sudah membesar di rumah korban yang 100 persen terbuat dari kayu tersebut.

Beruntung, BPK setempat dengan sigap langsung datang ke TKP, dan dalam waktu 30 menit api berhasil menghanguskan rumah tersebut, namun tak sampai menjalar ke rumah warga lain di sekitarnya.

Baca: Kaesang Pangarep Akan Bocorkan Nama Cawapres Jokowi, Tapi Ini yang Terjadi

Meski demikian, sempat membuat panik warga, apalagi diwarnai insiden mengamuknya korban dengan memecah kaca mobil BPK Alay tersebut.

Kapolsek Batangalai Selatan, Iptu Budiyono, yang dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id menyatakan, pihaknya langsung mengamankan korban begitu memecah kaca mobil pemadam dan membuat warga marah.
“Saat itu pemilik rumah atau korban kami bawa ke Mapolsek BAS. Selama diperjalanan korban ngoceh tidak karuan. Bahkan sampai di Polsek, terus mengoceh tak jelas, hingga kami kesulitan memeriksanya,” kata Kapolsek.

Untuk memastikan korban kebakaran itu mengalami gangguan jiwa, pihak polsek berkoordinasi dengan Kades Rangas dan aparat desa setempat, untuk diperiksa di Rs Jiwa Kandangan, Hulu Sungai Selatan.

“Dibantu Haris Purnomo dari Rumah Manusia Foundation (RMF), Agustian dibawa menggunakan Ambulans Rangas, ke Kandangan sekitar pukul 14.00 Wita tadi,” ungkap Budiyono.

Pihaknya, kata Kapolsek belum bisa memastikan apakah ada unsur kesengajaan dilakukan oleh korban yang oleh warga setempat diduga dibakarnya sendiri, karena tidak ada saksi yang melihat langsung.
Dijelaskan, status media sosial, tidak bisa dijadikan bukti, apalagi isi status tersebut tak spesifik menyebut apa yang akan dilakukannnya.

“Kami tak bisa menahan korban sekaligus pelaku perusakan mobil BPk itu, karena belum ada bukti tindak pidana untuk menjeratnya. Meski warga setempat dan ppihak keluarganya meminta yang bersangkutan agar tak dibebaskan berkeliaran, dengan alasan takut bikin ulah lagi,” kata Budiono.

Untuk sementara, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan dokter psikiater dan jika dinyatakan gangguan jiwa, dicarikan solusi agar dirawat di rumah sakit jiwa.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved