Haji 2018

Sukseskan Keberangkatan Haji, Pertamina MOR VI Kalimantan Tambah Alokasi Avtur

Dengan mempertimbangkan informasi jadwal penerbangan dan tren konsumsi yang terjadi pada tahun sebelumnya

Sukseskan Keberangkatan Haji, Pertamina MOR VI Kalimantan Tambah Alokasi Avtur
net
Ilustrasi

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memenuhi kebutuhan penerbangan musim Haji 2018, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan tingkatkan layanan di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang terdapat di Bandara Syamsudin Noor yang menjadi salah satu lokasi keberangkatan jamaah Haji wilayah Kalimantan.

Dengan mempertimbangkan informasi jadwal penerbangan dan tren konsumsi yang terjadi pada tahun sebelumnya, alokasi tambahan bahan bakar jenis avtur disiapkan hingga 2.679 Kilo Liter (KL) sepanjang penerbangan musim Haji.

Angka kesiapan alokasi tersebut mengalami peningkatan 11 persen dari konsumsi musim haji 2017 guna secara optimal memenuhi kebutuhan 17 Kloter yang berangkat dari Kota Banjarmasin.

Baca: Iis Dahlia Usir Peserta Audisi Penyanyi Dangdut Hanya Karena Tanpa Make Up, Lihat Balasan Netizen

Baca: Jadwal Pendaftatan CPNS 2018, Lewat @BKNgoid BKN Ingatkan Hal Ini Agar Tak Termakan Hoax

Kegiatan penyaluran pun terbagi ke dalam 2 fase yakni fase 1 keberangkatan dan fase 2 kepulangan jamaah haji.

Dijelaskan Region Manager Comm. & CSR Pertamina Kalimantan, Yudi Nugraha, penambahan tersebut dialokasikan sebanyak 1.431 KL untuk fase 1 dan 1.248 KL untuk kebutuhan fase 2.

Baca: Catat ! Ini Jadwal Lengkap Keberangkatan Jemaah Calon Haji Embarkasi Banjarmasin

Pesawat yang membawa Jamaah Haji dari Syamsudin Noor akan terbang langsung ke Jeddah tanpa transit.

“Pertamina berkomitmen untuk memastikan kelancaran dan ketersediaan pasokan Avtur selama musim Haji 2018. Untuk itu kami menyiapkan tambahan alokasi lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pihak-pihak yang melayani para Jamaah Haji dalam menjalankan ibadah Haji di tahun ini," kata Yudi.

Sama seperti tahun sebelumnya, penerbangan dari Embarkasi Banjarmasin akan menggunakan pesawat Airbus A330 berkapasitas 335 tempat duduk dengan kebutuhan bahan bakar yang lebih tinggi dari pesawat yang biasa beroperasi di Bandara Syamsudin Noor. Penerbangan perdana akan dilaksanakan pada 19 Juli 2018.

Rata-rata normal penyaluran Avtur per bulan di Bandara SAMS Sepinggan adalah sebesar 159 KL, sehingga konsumsi Avtur bulanan selama musim Haji 2018 diperkirakan meningkat 81% dari rata-rata normal.

“Dengan semakin sibuknya Bandara Syamsudin Noor, kami telah menyiapkan beberapa langkah antisipatif seperti penambahan jam operasional hingga 24 Jam dengan pembentukan 4 regu, pengerahan 9 orang crew operator refueling (CRO), 6 unit refueller dengan total kapasitas 124 KL dan 5 unit bridger yang akan mengantarkan avtur dari Terminal BBM Banjarmasin dengan total kapasitas 56 KL. Langkah-langkah ini dilakukan untuk menjamin ketepatan waktu pengisian bahan bakar ke pesawat," kata Yudi. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved